Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa

Penulis

Faridatul Helmi , Joni Rokhmat , Jannatin 'Ardhuha

DOI:

10.29303/jpft.v3i1.332

Diterbitkan:

2017-07-30

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2017): Januari - Juni

Kata Kunci:

Modified Causalitic Thinking Type 2B Scaffolding Approach, Student Worksheet, Problem Solving Ability, Dynamic Fluid

Articles

Cara Mengutip

Helmi, F., Rokhmat, J., & ’Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(1), 68–75. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.332

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of student worksheet assisted modified causalitic thinking type 2B scaffolding approach toward studentââ¬â¢s problem solving ability (PSA) in dynamic fluid among second grade student at MAN 1 Mataram in academic year of 2016/2017. This research is a quasi experiment with untreated control design with pretest and posttest. The population in this study were all science students in second grade. The sample was taken by using purposive sampling techniques, which lead XI MIA 3 and XI MIA 1 were chosen as the experimental class and control class, respectively. PSA data collected by essay test that are 4 questions that have been tested for validation and reliability. Homogeneity test, normality test and t test polled varians were used as statistical test. Based on hypothesis test can be concluded that there is the influence of student worksheet assisted modified causalitic thinking type 2B scaffolding approach toward studentââ¬â¢s PSA in dynamic fluid among second grade student in academic year of 2016/2017.

Referensi

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantuan simulasi Virtual Terhadapa Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.

Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calaon Guru Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 41-46.

Hapsoro, C. A., & Susanto, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 28-32.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Larkin, J. H., & Reif, F. (1979). Understanding and teaching problemââ¬Âsolving in physics. European Journal of Science Education, 1(2), 191-203.

Mamin, R. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10(2), 55-60.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 92-96.

Prastowo. A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rokhmat, J., Setiawan, A., & Rusdiana, D. (2012). Pembelajaran Fisika Berbasis Proses Berpikir Kausalitas dan Berpikir Analitik (PBK-BA), Suatu Pembiasaan Berpikir Secara Terbuka. Prosiding Seminar Biologi, 9(1), 391-397.

Rokhmat, J. (2013a). Kemampuan Proses Berpikir Kausalitas dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 78-86.

Rokhmat, J. (2013b). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Calon Guru Fisika Melalui Berpikir Kausalitas dan Analitik. Disertasi Doktor pada Pendidikan IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-199.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.