Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle

Penulis

Lovy Herayanti , Muhammad Fuaddunnazmi , Habibi Habibi

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.412

Diterbitkan:

2017-12-20

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

learning tools, Moodle, physics

Articles

Cara Mengutip

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 197–206. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.412

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this research is to develop a physics learning tools with Moodle that can be used on students in physics courses. The type of this research is Research and Development (R & D). Research and Development is a process or steps to develop a new product or refine an existing product, which can be accounted for. Broadly speaking, the R & Dââ¬â¢s steps consisted of three stages, namely: preliminary study, design/model development, and model testing. The subject of this research is a student of Department of Physics Education at FPMIPA IKIP Mataram who is studying at Odd Semester Academic Year 2016/2017. Based on the validation of physics learning tools with Moodle, it obtained products that have been validated with a good categorized score and can be used for the next stage. The development of Moodle-based learning tools developed was complemented by textbooks, Moodle guides, and assessment instruments.

Referensi

Boud, D., & Feletti, G. 1997. The challenge of problem-based learning. Psychology Press.

Chaeruman, U. 2010. E-learning dalam pendidikan jarak jauh. Jakarta: Kemendiknas.

Cheng, K.K., Thacker, B. A. & Cardenas, R. L. 2004. Using Online Homeworks Systems Enhances Student. Learning of Physics Concept in an Introductory Physics Course. American Journal of Physics. 72 (11) 1447-1453.

Cheng, K.K., Thacker, B. A. & Cardenas, R. L. 2004. Using an online homework system enhances students learning of physics concepts in an introductory physics course. Journal American Association of physic Teacher, 72(11), 1119.

Gunawan. 2015. Model pembelajaran sains berbasis ICT. Mataram. FKIP Universitas Mataram.

Hartley, D. E. 2006. Selling e-learning. American Society for Training and Development.

Herayanti, L. Habibi. 2015. Model Pembelajaran Berbasis masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 205-209.

Herayanti, L., Habibi, H., & Fuaddunazmi, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2).

Herayanti, L., Setiawan, A., & Rusdiana, D. 2009. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa pada Materi Listrik Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 145-152.

Herayanti, Lovy. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 11(1),

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Maryani, S. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi (Studi Kasus: Myob Accounting 17 Pada Modul Banking) penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 10(1),-.

Pratiwi, Y. I., Budiharti, R. & Ekawati, E. Y. 2014. Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu interaktif dalam bentuk moodle untuk siswa smp pada tema matahari sebagai sumber energi alternatif. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 26.

Purwaningsih, D. & Pujianto. 2009. In Blended Cooperative E-learning sebagai sarana Pendidikan Penunjang Learning Communityââ¬Â makalah disampaikan dalam seminar nasional UNY dengan tema Peranan ICT dalam Pembelajaran. Yogyakarta (25).

Rice, W., & Nash, S. S. 2010. Moodle 1.9. Teaching Techniques.

Safitri M. R., Budiharti, R. & Ekawati, E. Y. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif Dalam Bentuk Moodle Untuk Siswa SMP pada Tema Hujan Asam. Jurnal Pendidikan Fisika. 2(1), 1-5.

Sampurno, P. J., Maulidiyah, R. & Puspitaningrum, H. Z. 2015. Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Lembar Kerja Siswa Pada Materi Optik Di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 19(56), 54-58.

Saver, J. L. 2006. Time is brainââ¬âquantified. Stroke, 37(1), 263-266.

Sohn, B 2005. E-learning and primary and secondary education in Korea. Korea education & Research Information Service.

Sohn, T., Li, K., Lee, G., Smith, I., Scott, J., & Griswold, W. 2005. Place-its: A study of location-based reminders on mobile phones. UbiComp 2005: Ubiquitous Computing, 903-903.

Sucita, I. N. 2010. Pemetaan Kompetensi Guru Matematika. Majalah Saraswati. Edisi II. Halaman, 15-17.

Sugiarto, B. 2010. Kimia Dasar untuk Pendidikan Sains. Surabaya: UNESA.

Sukmadinata, R. Nana Syaodih. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Tan, O. S., Chye, S., & Teo, C. T. 2009. Problem-based learning and creativity: A review of the literature. Problem-based learning and creativity, 15-38.

Tasri, L. M. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal Medtek, 3(2), 2-8.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.