Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016

Juraini Juraini, Muhammad Taufik, I Wayan Gunada

Abstract

This study is aimed to know the influence of cooperative learning type STAD by experiment method towards science process skill and student’s output in learning physics at SMAN 1 Labuapi in academic year 2015/2016. The method used in this study was quasi experimental design of untreated control group design pretest-posttest. The population of this study was the overall students of X class at SMAN 1 Labuapi, where there are 4 classes with random sampling technique in taking the subject. Two sample was taken as the subject of this study where X-D as experimental class which was treated using cooperative learning of type STAD by experiment method and X-A as control class. Technique of data analysis of this study was two sample t-test. Based on the result of this study, it can be concluded: (1) there was the influence of cooperative learning of type STAD by experiment method towards science process skill of student’s physics, (2) there was the influence of cooperative learning of type STAD by experiment method towards student’s output in learning physics.

Keywords

Cooperative Learning of Type STAD, Experiment Method, Science Process Skill, Learning Output

Full Text:

PDF

References

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis–Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lindarti, Hinduan A.A Dan Oktova, R. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD (Students Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Optika Geometris kelas X SMA”. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. Vol. 2 No. 2 Hal. 29-38.

Roslimah dan Muhibbudin. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemetaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem”. Jurnal EduBio Tropika. Vol. 2 No. 2 Hal. 187-250.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta CV.

Rustaman, N.Y. 2007. Keterampilan Proses Sains. Bandung: UPI.

Supriyono, A. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Eko, L. dan Imam, S. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 Sumenep”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 2 Hal. 62-65.

Muslim, K. dan Fransisca, S.T. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Kalor dalam Kehidupan”. EDUSAINS. Vol. VII No. 1 Hal. 88-96.

Yunita, A dan Amdani, K. 2014. “. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Inpafi.Vol. 2 No.1 Hal. 21-26.

Putri, A dan Retno H. 2015.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang berorientasi Kurikulum 2013 dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Materi Pengukuran di Kelas X SMAN 2 Sidoarjo”. Jurnal Inovasi Pendidikan fisika. Vol. 04 No. 1 Hal. 36-41.

Lubis, A. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.