Pengaruh Penggunaan Laboratoium Virtual Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik

Penulis

Hermansyah Hermansyah , Gunawan Gunawan , Ahmad Harjono

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.420

Diterbitkan:

2017-12-23

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

guided inquiry learning, heat, mastery concept, virtual laboratory

Articles

Cara Mengutip

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratoium Virtual Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 249–256. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.420

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study is to examine the effect of using virtual laboratory in guided inquiry learning on studentsââ¬â¢ mastery concept of heat material.à This study is quasi experiments with posttest only control group design. There were 58 respondents in this study which were divided into two group; experimental group and control group. The data were analyzed by using t-test. The results showed that experimental groupsââ¬â¢ mastery concepts significantly differed from the control group. It can be concluded that the use of virtual laboratory in guided inquiry learning model affects studentsââ¬â¢ mastery concepts of heat material.

Referensi

Bortnik, B., Stozhko, N., Pervukhina, I., Tchernysheva, A., & Belysheva, G. 2017. Effect of Virtual Analytical Chemistry Laboratory on Enhancing Student Research Skills and Practices. Research in Learning Technology. 25, 1-20.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, G., & Liliasari, L. 2012. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 5(2), 185-199.

Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelompok X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 48-54.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2), 97-102.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 221-225.

Imran., Harjono, A., & Gunawan, G. 2015. Efek Multimedia Pembelajaran pada Kemampuan Siswa Menjawab Soal Analisis Energi pada Perubahan Wujud Air: Sebuah Tinjauan pada Siswa Kelas X Sman 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 47-51.

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. 2016. Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(2), 130-136.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(3), 116-122.

Muthmainnah, M., & Rokhmat, J. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 40-47.

Nugroho, S. 2013. Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Memori Dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 1(3), 235-244.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 173-179.

Pullaila, A. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Prodi IPA SPS UPI Bandung. 1(3).

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 61-65.

Tuysuz, C. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Students' Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences. 2(1), 37-53.

Wahyana. 2001. Perencanaan dan pengelolaan Pembelajaran IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, H. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi dan Kendalanya di dalam Kelas. In Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi. 6(1), 1-11.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.