Keterampilan Generik Sains Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual pada Materi Alat-Alat Optik Peserta Didik

Sudianah Sudianah, Muh. Makhrus, Muhammad Taufik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains peserta didik saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Keterampilan generik sains diperoleh pada saat proses  pembelajaran dengan menggunakan LKPD. Keterampilan generik sains peserta didik pada saat pembelajaran, diperoleh bahwa kelas kontrol termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran perubahan konseptual baik digunakan untuk mengembangkan keterampilan generik sains pada materi alat-alat optik  peserta didik SMAN 6 Mataram.

Keywords

Perubahan Konseptual, Keterampilan Generik Sains

References

Widiati, S.I., Indrawati., & Subiki. (2013). Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika dengan Model Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 300-308.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 19-23.

Agustinaningsih, W., Sarwanto., & Suparmi. (2014). Pengembangan Instruksi Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Inkuiri, 3(1), 50-61.

Sarar, M. M. A. (2014). The Effect Of Using Stepan’s Model Of Conceptual Change on The Modification Of Altaernative Mathematical Concepts and The Ability Of Solving Mathematical Problems Of Ninth Grade Studnts in Jordan. European Scientific Journal, 10(22), 191-203.

Ardhana, W., Purwanto, Kaluge, L., dan Satyasa, I.W. (2004). Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Pemahaman dalam Belajar Fisika di SMU. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 152-168.

Makhrus, M., Nur, M., dan Widodo, W. (2014). Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Proses kognitif (MPK-PKK). Jurnal Pijar (ISSN: 1907-1744), 9 (1), 20-25.

Sudewa, P. H., Suma, K., dan Oktofa, D. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 3. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(1), 61-76.

Sholehah, S. dan Suyono. (2014). Reduksi Miskonsepsi dengan Model Pembelajaran Conceptual Change pada Konsep Stoikiometri. Unesa Journal Of Chemical Education (ISNN: 2252-9454), 3(3), 161 – 168.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., dan Sutrio. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual nntuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISNN. 2407-6902), 1(1), 92 – 147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.