PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KIMIA KOMPUTASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

Saprizal Hadisaputra , Lalu Rudyat Telly Savalas , Saprini Hamdiani

DOI:

10.29303/jpm.v12i1.327

Published:

2017-03-09

Issue:

Vol. 12 No. 1 (2017): Maret

Articles

Downloads

How to Cite

Hadisaputra, S., Telly Savalas, L. R., & Hamdiani, S. (2017). PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KIMIA KOMPUTASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.327

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Program pengembangan praktikum kimia berbasis kimia komputasi untuk Sekolah Menengah Atas telah dilaksanakan pada kelompok kerja guru kimia mitra (SMAN 1 Narmada dan SMAN 2 Narmada) di Kabuaten Lombok Barat, Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan dengan mengadopsi langkah-langkah penelitian tindakan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Target yang telah dicapai melalui kegiatan ini adalah 1) Teridentifikasinya konsep-konsep kimia SMA yang esensial yang bisa diajarkan dengan lebih mudah bila melibatkan eksperimen berbasis kimia komputasi sebagai alternatif pengganti praktikum di laboratorium. 2) Teridentifikasinya perangkat lunak yang dapat digunakan oleh guru sebagai alternative pengganti praktikum kimia. 3) Mengukur tingkat motivasi guru sebelum dan setelah kegiatan untuk melaksanakan praktikum kimia di sekolah. 4) Adanya produk berupa buku panduan praktikum kimia SMA berbasis kimia komputasi yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti praktikum di laboratorium. Program ini sangat berguna untuk meningkatkan proses belajar mengajar kimia di sekolah.


Author Biographies

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram

Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram

Saprini Hamdiani, Progam Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).