Persepsi Guru Kimia dan Siswa Kelas XI MIPA SMA/MA Kabupaten Lombok Tengah terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Pada Materi Pokok Asam dan Basa

Authors

Yayuk Andayani , dewi kastari , Eka Junaidi , Rahmawati Rahmawati

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3024

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

persepsi, LKPD, etnosains

Articles

How to Cite

Andayani, Y., kastari, dewi, Junaidi, E., & Rahmawati, R. (2023). Persepsi Guru Kimia dan Siswa Kelas XI MIPA SMA/MA Kabupaten Lombok Tengah terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Pada Materi Pokok Asam dan Basa. Chemistry Education Practice, 6(1), 141–146. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3024

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskipsikan persepsi guru kimia dan siswa SMA/MA di Kabupaten Lombok Tengah terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosain pada materi pokok asam dan basa. Sampel penelitian sebanyak 8 guru kimia dan 130 siswa ditentukan secara random dari kelas XI MIPA SMAN 1 Praya Barat, SMAN 1 Praya Praya Barat Daya, MAN 2 Lombok Tengah dan SMAN 2 Jonggat. Data persepsi dikumpulkan menggunakan angket tertutup yang telah divalidasi ahli, dan selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis data satatistik deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata persepsi guru dan siswa berturut-turut 79% dan 82% termasuk dalam kreteria baik. Dari hasil ini disimpulkan bahwa guru maupun siswa berpendapat LKPD bermuatan etnosain baik untuk digunakan dalam pembelajaran kimia pada materi asam dan basa.

References

Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39-43.

Facione, P.A. (2015). Critical Thinking: What It

Is and Why It Counts. Hermosa Beach:

Measured Reasons LLC.

Fannie, R. D., Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.

Hadi, W. P., Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79-86.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kurniawan, A, 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, (www. respository. ump.ac.id diakses 23 Juli 2018).

Lia, R.M. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit kelas X M.A. Salafiyah Simbang Kulon Pekalongan. Semarang: UIN

Walisongo.

Nurbaity, N., Wulandari, D. R., Marheni, M

Analisis Persepsi Siswa Pada Materi Koloid Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Mental Image Analysis Of Studentââ¬â¢s. Jurnal JRPK. 1 (4): 271-277.

Nureflia, W. 2018. ââ¬ÅPengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Etnosains yang Berkarakter pada Materi Taksonomi Tumbuhan untuk Siswa SMAââ¬Â. Jurnal Edu-Sains. 7(1): 34-42.

Novia, N.,Kamaluddin . 2015. Penalaran Kausal Dan Analogi Berbasis Etnosains dalam Memecahkan Masalah Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.

Parera, J.D, 2009. Dasar- Dasar Analisis Sintaksis. Jakarta : Erlangga.

Pujiastuti, E.2015. Scientific Knowledge Based Culture and Local Wisdom in Karimunjawa for Growing Soft Skills Conservation, International Journalof Science and Research (IJSR). 9 (4) 598-604.

Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parris, P. 2010. ââ¬ÅCultural Dimensions Of Learning : Addressing The Challenges of Multicultural Instructionââ¬Â Journal. (online) (http://www.journal/atabszauniversity.com. diunduh pada tanggal 7 Januari 2017).

Roni. 2018. Persepsi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sentolo Terhadap Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Sasanti, A.P. 2015. Analisis Persepsi Guru Terhadap Kesesuaian Modul Bahasa Jepang SMA/SMK/MA dengan Kurikulum 2013. Semarang: Unnes Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumarni, W. 2018. Etnosains Dalam Pembelajaran Kimia Prinsip Pengembangan Dan Implementasinya. Semarang: Unnes Press.

Sudarmin, S. 2014. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan lokal (Konsep Dan Penerapannya Dalam Penelitian Dan Pembelajaran Sains). Semarang: Swadaya Manunggal.

Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis etnosains dengan mengangkat kebiasaan petani garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 478-481.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosins Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.

Wardani,O.P.,Afandi, M.,Chamalah, E.,Gunarto, H. 2013. Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Winarni, E. W. (2013). Perbandingan Sikap

Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses, dan Pemahaman Konsep Antara Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Ekspositori di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FIP UNJ, Vol. 5, No. 1, hlm. 145- 153.

Widiyaningrum, P., Irsadi, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Cerita Bergambar pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Journal of Biology Education, 2(3).

Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Zahary, M., Bharata, H., Sutiarso, S. (2017). Pengembangan LKPD menggunakan Pendekatan Multikultural untuk MeningkatkanKemampuanPemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa. Jurnal pendidikan matematika universitas lampung. 5 (5)

Author Biographies

Yayuk Andayani, Program studi pendidikan kimia, FKIP Universitas Mataram

dewi kastari, Program studi pendidikan kimia, FKIP Universitas Mataram

Eka Junaidi, Program studi pendidikan kimia, FKIP Universitas Mataram

Rahmawati Rahmawati, Program studi pendidikan kimia, FKIP Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 dewi kastari, Yayuk Andayani, Eka Junaidi, Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.