MENGEMBANGKAN FUN COOKING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH: STUDI KASUS

Authors

M.A. Muazar Habibi , Nurhasanah Nurhasanah , Ika Rachmayani , Sulistian Sulistian

DOI:

10.29303/jmp.v1i2.2903

Published:

2021-08-26

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus

Keywords:

kreatifitas anak, fun cooking

Articles

Downloads

How to Cite

Habibi, M. M., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Sulistian, S. (2021). MENGEMBANGKAN FUN COOKING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH: STUDI KASUS. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 74–83. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2903

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kegiatan kreativitas yang biasanya difasilitasi di sekolah, kini anak tidak dapat lagi leluasa melakukannya di rumah. Karena angka pembelajaran selama masa covid-19 dialihkan menjadi angka daring. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kreativitas anak adalah kegiatan Fun Cooking. Fokus penelitian ini adalah bagaimana fun cooking dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Desa Janapria. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6à tahun melalui kegiatan fun cooking di Desa Janapria. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptifà dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Janapria Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok tengah dengan subjek penelitian sejumlah 5 orang anak yang berusia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan 3 menu fun cooking yakni sate buah, angkah lapis, dan coklat karakter. Alat pengumpulan data menggunakan angkahnt observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaà setiap anak mencapai perkembangan kreativitasà dengan berbagai kategori penilaian. Kategori penilaian perkembangan kreativitas pada penelitian ini ada tiga yakni perkembangan kreativitas Kurang Baik (KB), perkembangan kreativitas Cukup Baik (CB), dan perkembangan kreativitas Baik (B). dari hasil penelitian yang didapatkan, maka fun cooking dapat meningkatkan kreativitas anak dengan angkah-langkah yang terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap peyelesaian.

References

Habibi, MA Muazar. 2020. Kreativitas dan Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, Dwi Puji. 2019. Peningkatan Kreatifitas Melalui Funcooking pada Kelompok A RA Az Zahra Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Volume 6, Nomor 1. Halaman 18-28. April 2019.

Sari, Neti Yunita. 2018. Bermain Fun cooking Dalam Mingkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bina Bakti Way Puji Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. UIN Radenintan. Lampung

Setyawati, Dina. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Fun cooking Di Kelompok B Tk Puspasari, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Author Biographies

M.A. Muazar Habibi, Universitas Mataram

Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Sulistian Sulistian, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2021 M.A. Muazar Habibi, Nurhasanah Nurhasanah, Ika Rachmayani, Sulistian Sulistian

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.