Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Permainan Tabung Angka pada Kelompok B PAUD Permata Bangsa Kota Mataram

Authors

Sri Ulfayati , Baik Nilawati Astini , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8655

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Ulfayati, S., Astini, B. N., & Nurhasanah. (2025). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Permainan Tabung Angka pada Kelompok B PAUD Permata Bangsa Kota Mataram. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 378–384. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8655

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini pada kelompok B yang ada di PAUD Permata Bangsa Kota Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 15 anak, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil pemberian tindakan yaitu dengan permainan tabung angka dapat dilihat peningkatan kemampuan berhitung permulaan yang signifikan pada anak kelompok B. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata kemampuan berhitung permulaan pada setiap siklus meningkat yaitu pada pra siklus 31%, siklus 1 55,1%, dan siklus 2 78,3%. Selisih yang dihasilkan pada pra siklus dan siklus 1 yaitu 24,1%, sedangkan selisih yang dihasilkan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 23,2%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa belajar berhitung permulaan melalui permainan tabung angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di PAUD Permata Bangsa Kota Mataram.

License

Copyright (c) 2025 Sri Ulfayati, Baik Nilawati Astini, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).