Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok B di TK Jannatul Hazni
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8659Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya membaca permulaan pada anak kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Jannatul Hazni Turida Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiment dengan bentuk quasi eksperiment. Desain penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental designs jenis one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 15 anak kelompok B1 TK Jannatul Hazni. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penlitian ini adalah analisis uji t. Hasil penelitian diperoleh dari pretest kemampuan membaca anak yaitu nilai tertinggi sebesar 48 dan nilai terendah sebesar 24. Nilai rata-rata (mean) sebesar 35,4 dan standar deviasi sebesar 7,6. Data penelitian yang diperoleh dari posttest berkaitan dengan kemampuan membaca anak adalah nilai tertinggi sebesar 48 dan nilai terendah sebesar 31. Nilai rata-rata (mean) adalah sebesar 42,1 dan standar deviasi sebesar 5,8. Selain dari hasil rata-rata anak juga diperoleh hasil uji t yaitu nilai hitung diperoleh nilai signifikansi (sig.) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Jannatul Hazni Turida Mataram.
License
Copyright (c) 2025 Lathifatul Usroh, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).