MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

Intan Sutrawati , Baik Nilawati Astini , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jmp.v4i3.7901

Published:

2024-10-29

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober

Articles

Downloads

How to Cite

Sutrawati, I., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2024). MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 121–127. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7901

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin melalui metode pembiasaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 2 kali pertemuan, untuk tahap pertemuannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.  Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 9 orang anak kelompok A dan 1 orang guru. Adapun hasil penelitian setelah melakukan penerapan metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru pada siklus 1 mendapatkan persentase 55,66% termasuk kategori  baik yang kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase sejumlah 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan meningkatnya penerapan metode pembiasaan membuat Karakter disiplin kelompok A pada siklus 1 mendapatkan persentase 60,56% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 88,35% dengan kategori sangat baik sehingga sudah mencapai persentase keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan karakter disiplin anak kelompok A TK Islam Tanak Kaken.

Author Biographies

Intan Sutrawati, Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Intan Sutrawati, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4