MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI
DOI:
10.29303/jmp.v4i3.7901Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 4 No 3 (2024): OktoberArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin melalui metode pembiasaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 2 kali pertemuan, untuk tahap pertemuannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 9 orang anak kelompok A dan 1 orang guru. Adapun hasil penelitian setelah melakukan penerapan metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru pada siklus 1 mendapatkan persentase 55,66% termasuk kategori baik yang kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase sejumlah 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan meningkatnya penerapan metode pembiasaan membuat Karakter disiplin kelompok A pada siklus 1 mendapatkan persentase 60,56% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 88,35% dengan kategori sangat baik sehingga sudah mencapai persentase keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan karakter disiplin anak kelompok A TK Islam Tanak Kaken.
Biografi Penulis
Intan Sutrawati, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Intan Sutrawati, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).