IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA KARANG GENTENG MATARAM TAHUN 2023

Penulis

Harisa Rabisally Gustiana , Ika Rachmayani , Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

DOI:

10.29303/jmp.v4i2.7178

Diterbitkan:

2024-06-25

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2024): Juni

Articles

Cara Mengutip

Gustiana, H. R., Rachmayani, I., & Sriwarthini, N. L. P. N. (2024). IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA KARANG GENTENG MATARAM TAHUN 2023. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 78–83. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i2.7178

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih mengajar dengan metode ceramah dan lembar kerja, bukan mengajak anak untuk berinteraksi langsung dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains anak usia dini pada usia 5-6 tahun di TK Purnama Karang Genteng Mataram tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa uraian, tabel capaian perkembangan, dan dihitung menggunakan persentase. Hasil identifikasi keterampilan proses sains di TK Purnama mendapatkan hasil yang baik dengan hasil kemampuan observasi, membandingkan, klasifikasi, dan kemampuan mengukur dari 16 anak sebanyak 15 anak keterampilan proses sains terlaksana sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sains tidak terlaksana (6,25%). Pada kemampuan komunikasi dari 16 anak sebanyak 15 anak masuk kategori keterampilan proses sains terlaksana tidak sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sainsnya tidak terlaksana (6,25%).

Biografi Penulis

Harisa Rabisally Gustiana, Universitas Mataram

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Ni Luh Putu Nina Sriwarthini, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Harisa Rabisally Gustiana, Ika Rachmayani, Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>