Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari

Rizki Intan Sari

Abstract

This study aims to analyze the attitude of learning independence against learning physics for students of class XII MIA MAN 1 Batang Hari. This research uses quantitative research methods with descriptive statistical analysis techniques. The research sample uses a sampling technique that is total sampling. Total sampling is a sampling technique where the number of samples is equal to the population. The technique of collecting data is by submitting an instrument consisting of a questionnaire to a predetermined research sample. The results of this study indicate that the assessment of student independence is in the good category but some are not good.

Keywords

Education; Attitude; Independence; Physics

Full Text:

PDF

References

Aini, P. N., & Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Ali, M. & Asrori, M. 2008. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara: Jakarta.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Babari. 2002. Relasi dengan Sesama. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Burhan, B. 2013. Strata Perilaku Belajar Statistik Inferensial Mahasiswa Stain Sultan Qaimuddin Kendari. Al-Ta'dib, 6(2), 116-128.

Daeli, W. 2018. Pengaruh Fasilitas, Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta.

Hidayat, W., Taufik, M., & Gunawan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 1-6.

Holstein, H. 2000. Murid Belajar Mandiri: Situasi Belajar Mandiri dalam Pelajaran Sekolah, Remaja Karya: Bandung.

Inah, E. N. 2015. Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta'dib, 8(2), 150-167.

Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran (Intraksi Komunkatif Dan Edukatif di Dalam Kelas), PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Jerrold, K. E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran, ITB: Bandung.

Kurniawan, D. A., & Astalini, A. 2019. Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 124-139.

Lestari, I. 2015. Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Nahdliyati, R., Parmin, P., & Taufiq, M. 2016. Efektivitas Pendekatan Saintifik Dengan Model Project Based Learning Tema Ekosistem Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 5(2).

Permana, D. S., Rachmat, N., & Ismail, Y. 2014. Potret Sikap Toleransi Beragama Siswa. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 168-177.

Rijal, S., & Bachtiar, S. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pres: Jakarta.

Sarah. 2019. Peningkatan Kerja Sinergis Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 7-15.

Siswanto. 2016. Keterampilan Proses Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 10-28.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. 2017. Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 61-70.

Taupik, Nuriah, T., & Umasih. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Sikap Siswa pada Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 3 Karawang, Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 50-68.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.