Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar I Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Memotivasi Mahasiswa untuk Belajar Mandiri
DOI:
10.29303/jpft.v2i4.306Published:
2017-04-22Issue:
Vol. 2 No. 4 (2016): OktoberKeywords:
Self Regulated LearningArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan buku ajar Fisika Dasar I yang berbasis self regulated learning yang dapat memotivasi mahasiswa di dalam belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu Development and Research dengan mengadopsi tahapan model pengembangan 4D yaituàDefine (pendefinisian), Design (perancangan), àDevelop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Tahap Define dilakukan untuk menentukan karakteristik produk buku ajar yang dikembangkan melalui studi pendahuluan. Pemilihan format pembuatan buku ajar dilakukan pada tahap Design untuk menghasilkan draft I. Tahap Develop dilakukan untuk menghasilkan draft II, draft III, dan produk akhir dari buku ajar yang dikembangkan. Draft II diperoleh melalui hasil revisi validasi ahli yang direkomendasikan. Draft III merupakan hasil yang diperoleh dari uji kelompok kecil diambil secara random. Produk akhir pengembangan diperoleh dari hasil uji lapangan pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Hasil validasi buku ajar serta perangkat pendukungnya menunjukkan kriteria ââ¬Åsangat layakââ¬Â untuk digunakan serta dapat memotivasi belajar mahasiswa secara mandiriReferences
Ellinawati, S. W. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 8, 33-40
Nono H. Y. (2010). Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Self-efficacy pada Siswa Akselerasi Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. Fakultas Psikologi UNAIR. INSAN, Vol 12, No. 02
Omid Tabatabaei dan Golnaz Arjmand (2013). The Relationship of Self-Regulated Learning and Motivational Learning Strategies with Intermediate EFL Learners' Achievement. Life Sci J Vol.10 (1s) No. 177-181
Thiagarajan, S., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children ââ¬ÅA Sourcebookââ¬Â. Indiana University Bloomington : Indiana
Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zemmerman J. B. et al. (2002). Becoming Self-Regulated Learner: and Overview. Colloge of Education, The Ohio State University, Theory Into Practice, Vol. 41 No. 2, 64-70. Diakses tanggal 19-10-2013
Zumbrunn, S. et al. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC) : Virginia Commonwealth University. Diakses tanggal 19-10-2013
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).