Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika

Penulis

Siti Hajar , Kaharuddin Arafah , Muhammad Sidin Ali

DOI:

10.29303/jpft.v6i1.1798

Diterbitkan:

2020-06-22

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2020): Januari-Juni

Articles

Cara Mengutip

Hajar, S., Arafah, K., & Ali, M. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 153–161. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1798

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract - The purpose of this study was to analyze the differences in physics learning outcomes between students taught using the discovery model and problem solving models, both overall, high learning motivation, and low motivation to learn. In addition, to analyze the effect of interactions between learning models with learning motivation on student physics learning outcomes. To achieve these objectives, an experimental study using treatment by level design, 2 x 2 factorial. The population of this study were all students of grade XI MIA SMAN 9 Makassar. The research sample subjects were taken through cluster random sampling technique. Grade XI MIA 1 and MIA 3 students as an experimental class taught using the discovery model. While students of grade XI MIA 2 and XI MIA 4 as controls are taught using problem solving models. Data collection about physics learning outcomes and learning motivation using test and non-test instrument techniques. Data were then analyzed using two-way ANOVA. The results showed that overall, there were differences in physics learning outcomes between students who were taught using the discovery model and problem solving models. Furthermore, there is no effect of interaction between learning models with learning motivation on learning outcomes in physics. There is a difference in physics learning outcomes between students taught using the discovery learning model and problem solving models, both students who have high motivation to learn and those who have low learning motivation.

Keywords: discovery model, problem solving, learning motivation, treatment by level design, two-way ANOVA, physics learning outcomes.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama