Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Ekopedagogi Berbantuan Kecerdasan Buatan bagi Guru SMP
Authors
Zahra Alwi , Ernalida Ernalida , Agus Syarifudin , Khalidatun Nuzula , Melly AriskaDOI:
10.29303/jppm.v8i1.8462Published:
2025-02-02Issue:
Vol. 8 No. 1 (2025): FebruariKeywords:
bahan ajar, ekopedagogi, kecerdasan buatanArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMP dalam pembuatan bahan ajar berbasis ekopedagogi dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dengan metode penyampaian materi, diskusi, tanya jawab, simulasi, dan praktik. Hasilnya, para guru berhasil mengembangkan bahan ajar yang interaktif dan adaptif, yang memanfaatkan AI untuk personalisasi pembelajaran dan umpan balik real-time. Peningkatan nilai rata-rata postes dari 61,58 menjadi 78,42 menunjukkan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru. Observasi dan wawancara dengan para guru menunjukkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dan termotivasi dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip ekopedagogi. Produk akhir berupa bahan ajar digital yang dihasilkan menunjukkan kreativitas dan inovasi tinggi, serta mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya tentang manfaat AI dalam pendidikan dan pentingnya integrasi ekopedagogi untuk mengembangkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga berpotensi sebagai model untuk pengembangan pendidikan berkelanjutan di Indonesia.
References
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan bahan ajar perencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 10.
Ariska, M., Ismet, I., Andriani, N., & Saparini, S. (2024). Pelatihan penyusunan soal-soal literasi sains berbasis HOTS bagi guru IPA SMP di Kabupaten Muaraenim. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(4), 235-241.
Ariska, M., Suhadi, S., Supari, S., Irfan, M., & Iskandar, I. (2024). Spatio-temporal variations of Indonesian rainfall and their links to Indo-Pacific modes. Atmosphere, 15(9), 1036.
Cahya, R. S. I., Nuryani, P., & Anasta, N. D. C. (2022). Rancangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis pendekatan ekopedagogi sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada tema 9 subtema 1 kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 41-50.
Chanda, H., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan artificial intelligence dalam computer aided instruction (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50-57.
Chen, Y., Wang, J., & Li, T. (2020). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities. Journal of Educational Technology, 12(3), 45-58.
Gagné, R. M. (1985). The conditions of learning and theory of instruction (4th ed.). Holt, Rinehart, and Winston.
Gough, A. (2002). Mutualism: A different agenda for environmental and science education. International Journal of Science Education, 24(11), 1201-1215.
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial intelligence (AI) dan dampaknya dalam distorsi pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 13(1), 129-144.
Jafar, M., Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2024). Artificial intelligence in education and research: Challenges and solutions. Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia, 1(1), 1-9.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice-Hall.
Magdalena, I., Fauziyyah, B. S., Afiani, R., & Fushilat, L. A. (2020). Inovasi teknologi dalam pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di MI Nurul Yaqin. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 408-419.
Nurdin, A. (2016). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam di era information and communication technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49.
Puspawati, D. A., & Putra, S. K. (2018, June). Ekopedagogi berbasis lanskap budaya subak: Sumber belajar alternatif dalam menunjang ekowisata dan pengelolaan lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 858-863).
Putri, N., Sapta, M., Sholikah, A., Azlansyah, M. A., Sari, N., Munir, M. M., Firmansyah, A. F., Putri, F., Pratama, Y. P., Wati, L. Y., Widoyoko, D., Febriyanto, M. T., Nastiti, S. Y., Sofiaranti, D. A., Hidayah, R., Kusuma, I., Noviyandri, V., Sagita, A. A., Harsasi, D. Y., & Wijayanto, G. (2024). Pendekatan ekopedagogi pada pelatihan penanaman sayuran organik di kelompok wanita tani (KWT) Kelurahan Gayam. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 202-209.
Rifky, S. (2024). Impact of artificial intelligence on higher education. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37-42.
Rohayati, S. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis ekopedagogi untuk siswa sekolah dasar kelas VI. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 209-219.
Shalikhah, N. D., et al. (2017). Media pembelajaran interaktif Lectora Inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9-16.
Setiyowati, D. A., & Ariska, M. (2024). Analisis pola curah hujan di Pulau Jawa dengan menggunakan empirical orthogonal function (EOF). Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 7(2), 120-128.
Winandi, K. A. Y. A., Suwindia, I. G., & Raka, I. N. (2022). Analisis ekopedagogi pada pelaksanaan upacara Tumpek Uduh di Desa Gadungan. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 1(1).
Zakiyah, N. U., Ameera, V., Ritonga, A. E., Aisah, N., Lingga, S. A., & Akmalia, R. (2024). Penggunaan AI dalam dunia pendidikan. Mahira, 4(1), 1-16.
License
Copyright (c) 2025 Zahra Alwi, Ernalida Ernalida, Agus Syarifudin, Khalidatun Nuzula, Melly Ariska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).