INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Authors
Hikmawati Hikmawati , Syahrial Ayub , Ahmad BusyairiDOI:
10.29303/jppm.v6i4.5906Published:
2023-10-29Issue:
Vol. 6 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
inovasi, keterampilan, MBKM, P5, bahan ajarArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi kepada peserta tentang berbagai inovasi untuk meningkatkan keterampilan dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (on-line) melalui Zoom Cloud Meeting pada tanggal 30 September 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 89 orang. Peserta kegiatan didominasi oleh mahasiswa calon guru. Metode pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan tanya-jawab. Hasil kegiatan: Materi yang diberikan yakni tentang jenis keterampilan yang dibutuhkan siswa pada abad 21, kompetensi yang dimiliki guru profesional, pengembangan keprofesian berkelanjutan, 5 trend pendidikan 2023 (Artificial Intelligence, Pembelajaran Hybrid, pendidikan vokasi, Virtual Reality & Augmented Reality, Soft Skill dan STEM), inovasi berupa program MBKM, inovasi berupa Kurikulum Merdeka, inovasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan inovasi bahan ajar sains bermuatan kearifan lokal yang dikemas secara digital. Pada sesi tanya-jawab, peserta diberikan kesempatan bertanya kepada pemateri terkait inovasi untuk meningkatkan keterampilan dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini telah memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi peserta tentang berbagai inovasi untuk meningkatkan keterampilan dalam dunia pendidikan.
References
Aliyah, J., Cholifah, M., Karoma, K., & Astuti, M. (2023). Konsep Dasar Inovasi Pendidikan dan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 357–367.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.
Arfadila, A., Aulia, E. R. N., Nugraha, R. W., & Humaeroh, S. (2022). Penerapan E-Learning Dalam Inovasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 392.
Brutu, S., BR, E. J., Nainggolan, J. A., Gultom, L. H., Sinaga, E., & Bangun, D. B. (2023). Isu Dalam Dunia Pendidikan Tentang Inovasi Kurikulum Dan Peningkatan Kemampuan Profesional Guru. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2), 23–33.
Dewadi, F. M. (2021). Pengembangan Sistem Homeschooling Dalam Inovasi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–8.
Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(10), 1077–1089.
Fajri, I., Yusuf, R., & Mohd Yusoff, M. Z. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 105–118.
Fatimah, I. F., Nurfarida, R., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum: Sebuah Tinjauan Teoretis. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30.
Gumati, R. W. (2020). Inovasi Pendidikan dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(4), 264–279.
Hartanto, C. F. B., Octavianus, S., & ... (2022). Kesiapan Sumber Daya Manusia Pendidikan dalam Difusi Inovasi Teknologi Informasi di Lembaga Pendidikan. Prosiding the 13th Industrial Workshop and National Seminar, 13–14.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Rizal, F., Ranuharja, F., Samala, A. D., & Dewi, I. P. (2022). Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5762–5772.
Iriansyah, H. S. (2020). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1(1), 1–6.
Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417.
Irsyadiah, N., & Rifa’i, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Cooperative Learning di Masa Pandemi. Syntax Idea, 3(2), 347–353.
Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.
Karim, B. A. (2020). Education and Learning Journal Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102–112.
Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., N.C, A. S., Imam, A. Al, Mustika, B. A. D., Lasmini, N., & Ahmad, Z. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran Mbkm Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. Jurnal Pepadu, 2(1), 46–51.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72.
Maulani, E., Yulisda, D., Ula, M., Saputra, E., Pratama, A., & Zurhijjah, Z. (2023). Strategi Inovasi dalam Media Pembelajaran Model Daring dalam Menanggulangi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 95.
Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., Nugroho, B. N., & Sandy, T. A. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358.
Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Elementary School Education Innovation in the Implementation. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(April), 82–88.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195.
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28.
Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Lestari Santoso, N. P. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58.
Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 28–35.
Tambunan, L., Iqbal, M., Radillah, T., & Satria, B. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Digital Bagi Masyarakat Di Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 514–521.
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2023 Hikmawati Hikmawati, Syahrial Ayub, Ahmad Busyairi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).