PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BRUNO
Authors
Hikmawati Hikmawati , Zulfan Zulfan , Yunita Putri AndhariDOI:
10.29303/jppm.v5i4.4397Published:
2022-11-24Issue:
Vol. 5 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
problem-based learning, hasil belajarArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Bruno masih belum optimal. Ketuntasan siswa dalam belajar masih perlu ditingkatkan karena masih terdapat siswa yang nilainya belum mencapai KKM sebesar 75. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Bruno melalui penerapan model problem-based learning. Kegiatan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, yakni tanggal 26 Agustus 2022 dan 13 September 2022. Pada pertemuan ke-1, materi yang dipelajari adalah Tema 4 (Berbagai Pekerjaan), Sub tema 3 (Pekerjaan Orang Tuaku), sedangkan pada pertemuan ke-2, materi yang dipelajari adalah Tema 5 (Pahlawanku), Sub tema 1 (Perjuangan Para Pahlawan). Peserta kegiatan meliputi seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 orang. Nilai rata-rata siswa pada pertemuan ke-1 adalah sebesar 82,73 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 62,50 %, sedangkan pada pertemuan ke-2 adalah 87,08 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 91,67 %. Dengan demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan model problem-based learning telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Bruno, yakni pada Tema 4 (Berbagai Pekerjaan), Sub tema 3 (Pekerjaan Orang Tuaku) dan Tema 5 (Pahlawanku), Sub tema 1 (Perjuangan Para Pahlawan).
References
Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran ISD di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.
Aras, L., Raihan, S., & Anggreni, D. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Inpres Bulogading I Kecamatan Bontonompo. Global Journal Teaching Professional, 1(2), 24–29.
Ati, S., Rusijono, & Suryanti. (2021). Pengembangan dan validasi perangkat pembelajaran berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2685–2690.
Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218.
Efendi, F., Fitria, Y., Farida, & Hadiyanto. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Fitri, R. F. E., Gultom, N. I., & Noviyanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skills Kelas VI di SDN 29/I Terusan Muaro Sebo Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 298–302.
Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4, 1494–1499.
Hikmawati, H, Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Assessment in Science Learning Based on Ethnoscience. Jurnal Penelitian …, 7(3).
Hikmawati, Hikmawati, Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2020). Ethnoscience-Based Science Learning Model to Develop Critical Thinking Ability and Local Cultural Concern for Junior High School Students in Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 60.
Hikmawati, Hikmawati, Suastra, I. W., Suma, K., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Rohani, R. (2021). Effect of Problem-Based Learning Integrated Local Wisdom on Student Hots and Scientific Attitude. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 233–239.
Hikmawati, Hikmawati, Suma, K., & Subagia, I. W. (2021). Problem Analysis of Science Learning Based on Local Wisdom: Causes and Solutions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 46–55.
Hikmawati, & Suastra, I. W. (2021). Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Berbasis Kearifan lokal Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah Menengah. Kappa Journal, 5(2), 34–42.
Hikmawati, Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2021). Local wisdom in Lombok island with the potential of ethnoscience for the development of learning models in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1816(1).
Hikmawati, & Sutajaya, I. M. (2021). SCIENCE LEARNING BASED ON THE SASAK TRIBE TRADITION TO DEVELOP STUDENT ENTREPRENEURIAL ATTITUDES. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 360–366.
Idris, I., Cn Sida, S., & Idawati. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 58–63.
Inayati, U. (2019). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran HOTS Menggunakan Model Problem Based Learning. Auladuna, 1(1), 27–34.
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Media KoKaMi di Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 23–35.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113.
Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88–95.
Pia, N. A. O., Masnur, M., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–89.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.
Suprapto, N., Prahani, B. K., & Cheng, T. H. (2021). Indonesian Curriculum Reform in Policy and Local Wisdom: Perspectives from Science Education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 69–80.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515.
Author Biography
Hikmawati Hikmawati, (SCOPUS ID: 57131095800) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Program Studi Pendidikan Fisika
License
Copyright (c) 2022 Hikmawati Hikmawati, Zulfan Zulfan, Yunita Putri Andhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).