Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa dalam Mengaplikasikan Metode Simpleks untuk Menyelesaikan Masalah Program Linear
Authors
M. Gunawan Supiarmo , Heri Sopian Hadi , Gilang PrimajatiDOI:
10.29303/jm.v6i2.8095Published:
2024-12-23Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Edisi DesemberKeywords:
Berpikir Komputasional; Metode simpleks; MahasiswaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Berpikir komputasioal adalah kemampuan untuk memecahkan masalah melalui prinsip komputasi yang penting dikuasai mahasiswa. Salah satu masalah matematika yang sering kali menuntut mahasiswa untuk berpikir secara komputasional adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan program linear dalam mencari solusi optimal permasalahan yang memiliki kendala-kendala tertentu. Beberapa metode penyelesaian masalah program linear antara lain metode simpleks, metode dualitas, dan metode pemrograman dinamis. Metode simpleks menggunakan konsep iterasi dan pertukaran variabel untuk menemukan solusi optimum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional mahasiswa dalam mengaplikasikan metode simpleks pada penyelesaian masalah program linear. Metode penelitian ini menggunaka deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang dilibatkan adalah 16 mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika. Teknik analisis dilakukan melalui tahapan antara lain reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa dalam melakukan penyelesaian masalah matematika hanya dapat memenuhi indikator dekomposisi dan pengenalan pola. Artinya mahasiswa memiliki kemampuan yang terbatas pada tahap penyederhanaan masalah dan menyusun strategi penyelesaian. Shingga pencapaian indikator tersebut menjadi dasar bahwa mahasiswa memiliki kemampuan berpikir komputasional yang rendah.
References
Agbo, F. J., Okpanachi, L. O., Ocheja, P., Oyelere, S. S., & Sani, G. (2024). How can unplugged approach facilitate novice students’ understanding of computational thinking? An exploratory study from a Nigerian university. Thinking Skills and Creativity, 51, 101458. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101458
Angeli, C., & Giannakos, M. (2020). Computational thinking education: Issues and challenges. Computers in Human Behavior, 105, 106185. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185
Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246
Dantzig, G. B. (2016). Linear Programming and Extensions. Princeton University Press. https://doi.org/10.1515/9781400884179
Darmawan, P., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33830/hexagon.v2i1.6147
del Olmo-Muñoz, J., Cózar-Gutiérrez, R., & González-Calero, J. A. (2020). Computational thinking through unplugged activities in early years of Primary Education. Computers & Education, 150, 103832. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103832
Eiselt, H. A., & Sandblom, C.-L. (2007). Linear Programming and its Applications. Springer Science & Business Media.
Erwinsyah Satria, -. (2024). Pengembangan Model Pelatihan Pemrograman Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Mahasiswa PGSD [Doctoral, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/
Fearnley, J., & Savani, R. (2015). The Complexity of the Simplex Method. Proceedings of the Forty-Seventh Annual ACM Symposium on Theory of Computing, 201–208. https://doi.org/10.1145/2746539.2746558
Ficken, F. A. (2015). The Simplex Method of Linear Programming. Courier Dover Publications.
Gasaymeh, A., & AlMohtadi, R. (2024). College of education students’ perceptions of their computational thinking proficiency. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1478666
Gong, D., Yang, H. H., & Cai, J. (2020). Exploring the key influencing factors on college students’ computational thinking skills through flipped-classroom instruction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 19. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00196-0
Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K–12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43. https://doi.org/10.3102/0013189X12463051
John Lemay, D., Basnet, R. B., Doleck, T., Bazelais, P., & Saxena, A. (2021). Instructional interventions for computational thinking: Examining the link between computational thinking and academic performance. Computers and Education Open, 2, 100056. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100056
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992
Kang, C., Liu, N., Zhu, Y., Li, F., & Zeng, P. (2023). Developing College students’ computational thinking multidimensional test based on Life Story situations. Education and Information Technologies, 28(3), 2661–2679. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11189-z
Karloff, H. (2008). Linear Programming. Springer Science & Business Media.
Lyon, J. A., & Magana, A. J. (2020, July 2). Computational thinking in higher education: A review of the literature. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/cae.22295
Montuori, C., Gambarota, F., Altoé, G., & Arfé, B. (2024). The cognitive effects of computational thinking: A systematic review and meta-analytic study. Computers & Education, 210, 104961. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104961
Ramadhani, S. H., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Analisis Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa dan Siswa dengan Berpikir Komputasional. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.730
Safii, S., Indira, S., Sitanggang, R. I., & Siregar, R. (2024). Analisis Empat Fondasi Berpikir Komputasi dalam Penyelesaian Soal Matematika. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(2), 01–09. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i2.32
Strayer, J. K. (2012). Linear Programming and Its Applications. Springer Science & Business Media.
Supiarmo, M. G. (2021a). Defragmenting Studentâ€TMs Thinking Structures in Solving Mathematical Problems on PISA Model. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 4(4), 167–177. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i4.p167-177
Supiarmo, M. G. (2021b). Transformasi proses berpikir komputasional siswa sekolah menengah atas pada pemecahan masalah matematika melalui refleksi [Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/32047/
Susanti, V. (2021). Optimalisasi Produksi Tahu Menggunakan Program Linear Metode Simpleks. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 9(2), 399–406. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v9n2.p399-406
Syaflita, D., Yustiana, Y. R., & Kaniawati, I. (2023). Kajian Literatur Sistematis Tentang Upaya Meningkatkan Kompetensi Computational Thinking Calon Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.34125/jmp.v8i2.20
Triantafyllou, S. A., Sapounidis, T., & Farhaoui, Y. (2024). Gamification and Computational Thinking in Education: A systematic literature review. Salud, Ciencia y Tecnología - Serie de Conferencias, 3, 659. https://doi.org/10.56294/sctconf2024659
Utami, P., Karolina, A., & Apriani, E. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Mengembangkan Critical Thinking dan Computational Thinking Skill Mahasiswa PAI Pascasarjana IAIN CURUP [Masters, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/6933/
Yasin, M., Firnanda, G. I., & Wahyuni, S. (2024). PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1, 63–73.
Yilmaz, R., & Karaoglan Yilmaz, F. G. (2023). The effect of generative artificial intelligence (AI)-based tool use on students’ computational thinking skills, programming self-efficacy and motivation. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4, 100147. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100147
Yunita, S., Manalu, A. E., Lubis, F. A., Cahyani, N. F., & Ulan, U. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Krisis Moral pada Pelajar di Era Globalisasi. Journal on Education, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5664
License
Copyright (c) 2024 M. Gunawan Supiarmo, Heri Sopian Hadi, Gilang Primajati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.