Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Tentang Isolasi Senyawa Dari Minyak Kayu Manis

Anjalika Sari, Lalu Rudyat Telly Savalas, Aliefman Hakim

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis. (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, develop, dan Disseminate). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia tahun angkatan 2016/2017 yang berjumlah 67 orang dan memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia tahun angkatan 2016/2017 yang memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,89 dan modul praktikum berada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas untuk semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata dari respon mahasiswa sebesar 83,43% dan dari respon dosen sebesar 86,35% yang menunjukkan bahwa modul praktikum berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis yang dikembangkan dengan model 4D telah terlaksana dan diperoleh modul praktikum bersifat sangat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darwis, D. 2000. Teknik Dasar Laboratorium Dalam Penelitian Senyawa Bahan Alam Hayati. Padang: Universitas Andalas Press.

Irmayanti, N.S. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berkreasi dengan Clay bagi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri1 Barru Kabupaten Baruu”. Jurnal Universitas Negeri Makassar.1-18.

Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jayaprakasha, G.K., Rao, L. J., Sakariah, K. K. Chemical Composition of the Volatile Oil from the Fruits of Cinnamomum zeylanicum Blume. Flav. Frag. J. 2002; pp 990-993.

Mallavarapu, G. R., Ramesh, S. Chandrasekhara, R. S., Rajeswara Rao, B. R., Kaul, P. N., and Battacharya, A. K. 1995. Investigation of the Essential oil of Cinnamon Leaf Grown at Bangalore and Hyderabad. Flav. Frag. J. 10; 239-242.

Nasution. 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prasetya, N.B.A., Ngadiwiyana. 2006. Identifikasi Senyawa Penyusun Minyak Kulit Batang Kayu Manis (Cinnamomum cassia) menggunakan GC-MS. Jurnal Kimia Sains. 9(3). 83-86.

Putra, N. 2011. Research & Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengatar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rustaman. N.Y. 2005. Pendidikan Biologi Dan Trend Penelitiannya. Bandung: FMIPA UPI.

Santyasa, I.W. 2009. “Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul”. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, 12-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.