Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA

Elly Verawati Amin, Yayuk Andayani, Sukib Sukib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar kimia, (2) hubungan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kimia, (3) hubungan antara minat belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Sampel sebanyak 170 siswa, diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data minat belajar dan kebiasaan belajar diperoleh melalui angket dan hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5%: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar kimia siswa yang ditunjukkan oleh nilai rhitung = 0,518 lebih besar dari rtabel = 0,159, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kimia siswa yang ditunjukkan oleh nilai rhitung = 0,476 lebih besar dari rtabel = 0,159, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia siswa yang dibuktikan oleh nilai Fhitung = 32,11 lebih besar dari Ftabel= 3,06.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Chemistry Education Practice is indexed by