Hubungan Kesiapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Motivasi Belajar Kimia Siswa

Megawati Megawati, Yayuk Andayani, Eka Junaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara kesiapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan motivasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Mataran tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Mataram dan SMA Negeri 7 Mataram yang berjumlah 333 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 178 siswa atau sebesar 53,453% dari populasi. Pengumpulan data kesiapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan motivasi belajar kimia siswa menggunakan angket. Uji validitas instrumen dilaksanakan pada 46 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil uji validitas instrumen angket kesiapan TIK dan angket motivasi belajar kimia siswa masing-masing 25 item yang valid dari 35 item. Uji reliabelitas menggunakan rumus alpha Cronbach’s. Hasil uji reliabelitas untuk kedua angket dikategorikan sangat tinggi. Data kesiapan TIK dan motivasi belajar kimia dalam penelitian ini terdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Nilai korelasi antara kesiapan TIK dengan motivasi belajar kimia sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Konstribusi kesiapan TIK terhadap motivasi belajar kimia sebesar 16,81%.

Kata Kunci: Kesiapan teknologi informasi dan komunikasi, motivasi belajar kimia.

Full Text:

PDF

References

Aisah, S., Kurniasih, D., Fitriani. 2018. Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 6(2). 76-86.

Agrahari, A., Singh, S. 2013. The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on Achievement of Students in Chemistry at Secondary Level of CBSE and UP Board in India. International Journal of Science and Research. 2(8). 126-129.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi Komparasi Pengaruh Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6-11.

Hasibuan, M.P. dan Ratih, P.S. 2018. Penerapan Kompetensi Kimia SMA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Ilmiah pada Mahasiswa S1 Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1(2). 20-31.

Hamdi, A.S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mazana, M.Y. 2019. Information and Communication Technology in Mathematics Education-Integration Readiness in Tanzania Higher Education Institutions. IFIP AICT. (552). 409–420.

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Al Idrus, S. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 1(1), 26-33.

Mukhtar, R. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Materi Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi.

Munir. 2009. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, CV.

Oktavia, N. 2015. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Putra, R.S., Nanik, W., dan F. Widhi, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(2). 2009-2018.

Sari, M.L. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setiawan, M.A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia Redaksi.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Zabir, A. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Jurnal Azhari. 1(1). 1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.