Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa

Roskiana Roskiana, Lalu Rudyat Telly Savalas, Sukib Sukib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram (2) ada atau  tidaknya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram; (3) ada atau tidaknya hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram. Penelitian kuantitatif korelasional ini menggunakan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram yang terbagi dalam 6 kelas. Pengumpulan data pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dilakukan dengan angket, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan oleh  rhitung yang lebih kecil dari pada rtabel (0,149 dan 0,167 berurutan ) serta Fhitung yang lebih kecil dari pada Ftabel (3,01 dan 3,91 berurutan) pada taraf kesalahan 5%. (2) Tidak  terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan oleh  rhitung yang lebih kecil dari pada rtabel ( 0,14 dan 0,16 berurutan) serta Fhitung yang lebih kecil dari pada Ftabel (2,07 dan 3,91 berurutan) pada taraf kesalah 5%. (3) Terdapat hubungan yang  signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kimia. Hal ini ditunjukkan oleh  rhitung yang lebih besar dari pada rtabel (0,22 dan 0,167 berurutan) serta Fhitung yang lebih besar dari pada Ftabel (3,32 dan 3,06 berurutan) pada taraf kesalahan 5%.

Full Text:

PDF

References

Al Fatihah, M. 2016. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi, 12(1), 35-39.

Bangun, D. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(5), 56-61.

Bey, A. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. Universitas Unhaluoleo Kendari: Skripsi

Indra, P. 2013. Pengaruh Kemandirian dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 1 Mirit Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Purworejo: Skripsi.

Lusia, F. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Skripsi.

Siagan, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(2), 122-131.

Utami, Maya K. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Di Gugus Wiyata Utama Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.