Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Syahriani Yulianci , Gunawan Gunawan , Aris Doyan

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.365

Diterbitkan:

2017-12-03

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

guided inquiry model, interactive multimedia, mastery of concept physics

Articles

Cara Mengutip

Yulianci, S., Gunawan, G., & Doyan, A. (2017). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 146–154. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.365

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study is to examine the effectiveness of learning use the guided inquiry model with interactive multimedia toward mastery of concept physics students. The study involved 68 students who were divided into two groups, the experimental group and control group. The research instrument used a mastery of concept physics students. Data were analyzed by using normalized gain scores. Theà result showed an increase in mastery of concept physics in both groups but experimental have the high increase more than control group. The result indicate that the guided inquiry learning with interactive multimedia is effective in enhancing mastery of concept physics students.

Referensi

Anderson, L.W., & Krathwol, D.R, 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloomââ¬â¢s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. New York: David McKey Company, Inc.

Evans, C., & Gibbons, N. J. 2007. The interactivity effect in multimedia learning. Computers & Education, 49(4), 1147-1160.

Finkelstein, et.al. 2005. When learning about the real world is better done virtually: A study of substituting computer simulations for laboratory equipment. Physics Education Research, 1(1), 1-8.

Gunawan., Setiawan, A., & Widyantoro, D.W. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 20(1), 25-32.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. 2016. Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 12(2), 118-125.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University.

Hammer, D. 1994. Epistemological Beliefs in Introductory Physics. Cognitive and Instruction. 12(2), 151-183.

Hayati, S.N., Hikmawati, H., Wahyudi W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 48-54.

Husein, S., Herayanti, L., Gunawan, G. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 221-225.

Hussain, A., Azeem, M., & Shakoor, A. 2011. Physics teaching methods: scientific inquiry vs traditional lecture. International Journal of Humanities and Social Science. 1(19), 269-276.

Jati, M.E. 2007. Fisika Dasar. Yogyakarta: Andi.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (3), 116-122.

Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. 2013. Nature of science and scientific inquiry as contexts for the learning of science and achievement of scientific literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. 1(3) 137-147.

Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. 2016. Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Virtual Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 66-72.

Retnosari, N. 2016. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan. 1(8), 1529-1535.

Samudra, G. B., Suastra, I. W. & Suma, K. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4(1), 1-7.

Simbolon, D.H., & Sahyar 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3), 299-315.

Sirait, R. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Kelas VIII MTsN 3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1), 21-26.

So, W.M.W., & Kong, S. C. 2007. Approaches of inquiry learning with multimedia resources in primary classrooms. The Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 26(4), 329-354.

Wahyudin. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6(1), 58-62

Wenning, C.J. 2011. The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 6(2), 9-16.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.