PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK GUIDED TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Rasydah Nur Tuada, Gunawan Gunawan, Susilawati Susilawati

Abstract


The purpose of this research is to know the effect of generative learning with guided teaching technique towards science process skills of students high school 7 Mataram. This research is a quasi-experimental with non-equivalent control group design. Population in research is all students class X of high school 7 Mataram. Sampling method is cluster random sampling, with students sample of X-E class (class experiment) and X-C class (class control). Instruments used to measure of the science process skill is a multiple-choice grounded test. The initial ability of the experimental and control classes is homogeneous, so the effect of treatment is the result of the final test. Test the hypothesis using the t-test polled variants. Improved science process skills are determined based on the N-gain test. Interesting findings from the study indicate an increase in the science process skills in both classes. This show the generative learning with guided teaching techniques were applied successfully improve science process skills.


Keywords


science process skills, guided teaching technique, generative learning

Full Text:

PDF

References


Anderman, E.M. 2010. Reflection on Wittrock’s Generative Model of Learning: A Motivation Perspective. Educational Psychologist. 45(1), 55-60.

Ambasari, W., Santosa. S., & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pembelajaran Biologi Siswa kelas VIII Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(1), 81-95.

Darmawan, Sutrio, & Wahyudi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA Negeri 1 Selong Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 160-165

Gunawan, Harjono, A. & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 9-14.

Gumilar, G. & Sulistyio, E. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Merekam Audio di studio SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tekhnik Elektro. 4(2), 633-638.

Hardiyanto, Susilawati & Harjono,A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII MTsN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (1), 249-256.

Juraini, Tufik, M. & Gunada, I.,W. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2(2), 80-85.

Lusiana, Hartono, Y., & Saleh, T. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMAN 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 30-31.

Nur, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 9 Makassar. Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 3(1), 1-13

Pratama, A., Hamid, T., & Halim, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2(1): 149-153.

Putri, G.A.A.A., Putra, D.B.K.N.S., & Suardika, I.W.R. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berbasis Bekerja Ilmiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014. E-journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2(1): 1-10.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H. & Gunawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2(2). 1-5.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Utomo, N.T.P & Sulistyo, E. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif Dengan Model Guided Teaching Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Compact Cassette Recorder Di SMK Negeri 1 Madiun. Tekhnik Elektro UNESA 1(2): 1-9.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, I.K.W.B., Suastra, I.W. & Muderawan, I.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Proses Sains. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 4, 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.