Pengaruh Model Conceptual Understanding Procedures Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Gerung

Penulis

Nurul Hidayah , Hikmawati Hikmawati , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.777

Diterbitkan:

2019-07-01

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Kata Kunci:

Problem-solving abilities, conceptual understanding procedures

Articles

Cara Mengutip

Hidayah, N., Hikmawati, H., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh Model Conceptual Understanding Procedures Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 182–189. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.777

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Quasi experimental research with "non-equivalent control group design" aims to determine the effect of conceptual understanding procedures model on the mastery of concepts and ability to solve the physics problems of class X students SMAN 1 Gerung tahun 2017/2018. Population in this research is all students of class X MIPA SMAN 1 Gerung with sampling technique using purposive sampling, so selected class X MIPA 2 as experiment class and class X MIPA 5 as control class. Data collection of the mastery of concepts was performed using multiple choice test with mean score for experimental class of 72,96 and for control class equal to 63,29 and problem solving ability using essay test with mean value for experiment class was 56,30 and for the control class of 44.48. After the teaching, the mastery of the concepts of both classes increased, the second highest grade values occurred in the mechanical energy sub-material with the percentage of 69% in the experimental class and 66% in the control class whereas the second lowest grade occurred on the restoring force sub-material. Problem-solving abilities (PSAs) were 6 indicators, in the control class PSA-1 higher than the experimental class, while the PSA-2 through the PSA-6 experimental class was higher than the control class. The hypothesis of this study was tested by the test-t polled variance with a significant level of 5% and obtained t count of 4.65 for the mastery of concepts and t count of 3.50 for problem-solving abilities while the t table value of 1.99 means t count more great from t table. The results of this study indicate that there is influence conceptual understanding procedures model to the mastery of the concept and ability of solving physics problems of students class X SMAN 1 Gerung academic year 2017/2018.

Referensi

Fitriani, N., Gunawan, G., dan Sutrio, S. 2017. Berfikir Kreatif dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 24-33.

Gummah, S., Soraya, L. H., Ahzan, S., dan Hardariyanti, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 2(2): 310-315.

Hidayati, F. dan Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai TP 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika). 3(4): 59-66.

Ibrahim, I., Kosim, K., dan Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 14-23.

Ismawati, I., Nugroho, P., dan Dwijananti, D.2014. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosty dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10: 22-27.

Prastiwi, I., Soedjoko, E., dan Mulyono. 2014. Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Aspek Koneksi Matematika. Jurnal Kreano. 1(5): 41-47.

Sahidu, C. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Mataram: Arga puji Press.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayanan, R. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Wulandari, M. L, Sutrio, S., dan Rahayu, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(3): 188-196.

Biografi Penulis

Nurul Hidayah, Universitas Mataram

Hikmawati Hikmawati, Universitas Mataram

Sutrio Sutrio, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.