Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry

Muhammad Yustiqvar, Saprizal Hadisaputra, Gunawan Gunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi multimedia berbasis green chemistry terhadap penguasaan konsep kimia siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dilaksanakan dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di salah satu satu sekolah menengah atas di Lombok Indonesia dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Pretest dan posttest diberikan oleh peneliti untuk menguji penguasaan konsep siswa pada materi kimia. Validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal diuji menggunakan Rasch Model. Analisis statistik yang digunakan adalah uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis dengan uj t (Independent samples t-test) dengan bantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Secara statistik dapat dilihat bahwa pengujian hasil belajar menggunakan independent sample t-test menunjukkan t = 0,002 <α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis green chemistry berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.

Keywords

Penguasaan Konsep; Multimedia interaktif; Green Chemistry

Full Text:

PDF

References

Wijaya, IKWB., Kirna IM., & Suardana IN. (2012). Model Demonstrasi Interaktif Berbantuan Multimedia dan Hasil belajar IPA Aspek Kimia Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1), 88-98

Pınarbaşı, T., & Canpolat, N. (2003). Students’ understanding of solution chemistry concepts. Journal of Chemical Education, 80(11), 1328-1332.

Agung, S., & Schwartz, M. S. (2007). Students’ understanding of conservation of matter, stoichiometry and balancing equations in Indonesia.International Journal of Science Education, 29(13), 1679-1702.

Othman, J., Treagust, D. F., & Chandrasegaran, A. L. (2008). An investigation into the relationship between students’ conceptions of the particulate nature of matter and their understanding of chemical bonding. International Journal of Science Education, 30(11), 1531-1550.

Sepet, A., Yılmaz, A., & Morgil, İ. (2004). Lise ikinci sınıf öğrencilerinin kimyasal denge konusundaki kavramlarıanlama seviyeleri ve kavram yanılgıları. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 26, 148-154.

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. AIP Conference Proceedings. 2021(1) 080007

Haidar, A. H. (1997). Prospective chemistry teachers’ conceptions of the conservation of matter and related concepts. Journal of Research in Science Teaching, 34(2), 181-197.

Niaz, M., & Rodriguez, M. A. (2000). Teaching chemistry as rhetoric of conclusions or heuristic principles - a history and philosophy of science perspective. Chemistry Education: Research and Practice in Europe, 1(3), 315-322.

Gunawan, Harjono, A., & Imran. 2016. Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 12(2), 119-125

Lowe, R. K. (2003). Animation and learning: Selective processing of information in dynamic graphics. Learning and Instruction, 13(2), 157-176.

Marcano, A. V., Williamson, V. M., Ashkenazi, G., Tasker, R., & Williamson, K. C. (2004). The use of video demonstrations and particulate animation in general chemistry. Journal of Science Education and Technology, 13(3), 315-323

Stevens, D. J., Zech, L., & Katkanant, C. (1988). An interactive videodisc and laboratory instructional approach in a high school science class. Journal of Research on Computing in Education, 20, 303-309.

Bernauer, J. A. (1995, April). Integrating technology into the curriculum: First year evaluation. Paper presented at the annual

meeting of the American Educational Research Association, San Francisco, CA. (ERIC Document Reproduction Service No. ED385224)

Mayer, R. E. (2003). The promise of multimedia learning: Using the same instructional design methods across different media. Learning and Instruction, 13(2), 125-139.

Own, Z., & Wong, K. P. (2000, November). The application of scaffolding theory on the elemental school acid – basic chemistry web.Paper presented at the International Conference on Computers in Education/International Conference on Computer-Assisted Instruction (ICCE/ICCAI), Taipei, Taiwan. (ERIC Document Reproduction Service No. ED454827)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. American Educational. Research Methodology

Hairy, M. R., Kusmiyati, K., & Yamin, M. (2018). Analisis Penguasaan Konsep Materi Sistem Reproduksi Pada Siswa Sma Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 119-123.

Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., Sutrio. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar Mipa, 9(1), 15-119.

So, W. M. W,. & Kong, S. C. (2007). Approaches of Inquiry Learning with Multimedia Resources in Primary Classrooms. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 26(4), 329-354

Hermasnyah, H., Gunawan, G., Horjono, A., and Adawiyah, R. (2019). Guided Inquiry Model With Virtual Labs to Improve Students' Understanding on Heat Concept, Journal of Physics: Conference Series, 1153 (1), 01211.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penuasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225

Nuraeni, E., Machmudi, D., & Hermansyah, T. (2012). Perbandingan Penggunaan Multimedia Secara Tutorial dan Presentasi Terhadap Penguasaan Konsep dan Proses Sains pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh. Jurnal Pendidikan, 13 (1), 13-22

Pimpale, G. P., & Vadnere, R. V. (2009). Design, Development and Effectiveness of a Digital Interactive Multimedia Package in Astrophysics for Undergraduate Students.Tersedia: (http://itdl.org/Journal/Aug_09/article01.html)

Mashami, R. A., & Gunawan, G. (2018). In Influence of Sub-Microscopis Media Animation on Students’ Critical Tinkng Skills Based on Gender. Journal of Physics: Conference Series. 1108(1) 012106.

Ihsan, M. S., Ramdani, A., Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Leraning pada Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 84-87.

Khaeruman, & Nurhidayati, S. 2014. Trik-Trik Mengajar. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram.

Andayani Y, Hadisaputra S, & Hasnawati H (2018). Analysis of the Level of Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series. 1095(1) 012045.

Wahyuningsih, W., Jamaluddin, J., & Karnan, K. (2015). Penerapan pembelajaran Biologi berbasis macromedia flash dan implikasinya terhadap keterampilan metakognitif dan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMPN 6 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 10(1). 41-46.

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar MIPA, 9(2). 52-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.