WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMAN 1 KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019

Hikmawati Hikmawati, Ismail Ismail

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menghasilkan draft proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai salah satu Karya Tulis Ilmiah (KTI) guru SMAN 1 Kediri. Kegiatan workshop penyusunan PTK di SMAN 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat ini dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Januari 2019. Jumlah peserta workshop PTK adalah sebanyak 32 orang guru yang terdiri atas 23 orang guru tetap (PNS), 1 orang guru tetap daerah (GTD) dan 8 orang guru tidak tetap (GTT). Pelaksanaan workshop penyusunan PTK ini bertempat di Laboratorium Fisika SMAN 1 Kediri. Kegiatan workshop penyusunan proposal PTK ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yaitu worksop penyusunan KTI guru SMAN 1 Kediri yang dimulai sejak tanggal 2 hingga 8 Januari 2019. Rangkaian kegiatan worksop penyusunan KTI selain penyususnan proposal PTK yang dimaksud adalah penyampaian materi tentang Kebijakan Dinas, Menyusun DUPAK Guru (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit Guru), dan Best Practice. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan ceramah materi tentang PTK, diskusi/tanya jawab tentang PTK, pendampingan menyusun draft proposal PTK, dan evaluasi kegiatan workshop penyusunan proposal PTK. Materi yang diberikan tentang PTK terdiri atas: Konsep Dasar PTK, Sistematika Proposal PTK, dan Lembar Kerja Penyusunan Draft Proposal PTK. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan workshop penyusunan proposal PTK ini adalah berupa Draft Proposal PTK untuk masing-masing guru peserta workshop.

Full Text:

PDF

References

Aries, E.F. 2010. Design Action Reserch. Malang: Aditya Media Publishing.

Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Sudjana, I Made & Muntari. 2012. Modul PLPG: Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Mataram: Panitia Sergur Rayon 122 Universitas Mataram.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.