Modul Berbasis Chemo Entrepreneurship Pada Materi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Anak Jalanan
DOI:
10.29303/cep.v4i1.2259Published:
2021-05-29Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Abstract
Kemiskinan merupakan fenomena sosial di Indonesia yang memiliki dampak salah satunya dalam bidang pendidikan. Di mana kemiskinan memaksa anak untuk putus sekolah dan memenuhi kebutuhan keluarganya dengan cara bekerja di jalan raya atau disebut dengan anak jalanan. Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasai masalah penyetaraan pendidikan salah satunya adalah pendidikan nonformal. Dibutuhkan bahan ajar penunjang pembelajaran nonformal seperti modul yang layak dan tidak hanya melatih pemahaman anak jalanan seperti pada materi kimia tetapi juga untuk melatih jiwa wirausaha sebagai bekal bagi anak jalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis Chemo Entrepreneurship (CEP) untuk pembelajaran kimia anak jalanan yang layak, sebagai bahan ajar pendukung pendidikan nonformal. Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan metode 4D, tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan dengan 3 tahapan saja yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Hasil yang didapat bahwa modul berbasis CEP layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia pada anak jalanan.References
Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Co-Management, 1(3), 316ââ¬â331.
Andrean, M. D., Yerimadesi, Y., & Gazali, F. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Sistem Koloid Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk Kelas XI IPA SMA/MA. Edukimia, 1(1), 62ââ¬â68.
Atikah, D. (2019). Program Hibah Jalan Daerah ( PHJD ) dan Keterlibatan Perempuan dalam Pekerjaan Konstruksi Jalan ( Studi Kasus : Paket Rehabilitasi / Pemeliharaan Jalan Dan Jembatan UPT Pengelolaan Jalan Dan Jembatan Probolinggo ). SPIRIT PRO PATRIA, 5(2), 135ââ¬â137.
Badan Pusat Statistika. (2019). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019. Badan Pusat Statistika.
Badan Pusat Statistika Kota Surabaya. (2019). Profil Kemiskinan di Kota Surabaya Tahun 2019. BPS Kota Surabaya.
Charina, D., & Suyanto, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Membentuk Enterpreneurial Intention para Generasi Muda untuk Menjadi Young Enterpreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 125ââ¬â133.
Dalimunthe, Y. T. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Anak Jalanan Di Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak ( Pkpa ). Universitas Sumatera Utara.
Darwin, R., Widiarsih, D., Murialti, N., Hidayat, M., Hadi, M. F., & Asnawi, M. (2018). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa Dan Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Pgri Pekanbaru Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 10ââ¬â16.
Isabah, S. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bersuplemen Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA N 16 Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Jamilah, S., & Kamaludin, A. (2019). Pengembangan Buku Panduan Pendidik Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada Materi Ikatan Kimia SMAMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 37ââ¬â46.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341ââ¬â345.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31. (2013). Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembar Negara Republik Indonesia Nomor 5410.
Qomariyah, N., & Novita, D. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Submateri Reaksi Oksidasi Reduksi. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1), 75ââ¬â82.
Riani, A. A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. JURNAL KEPENDIDIKAN, 1(1), 12ââ¬â23.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Sri, B., Sari, K., Jufri, A. W., Santoso, D., Studi, P., Pendidikan, M., & Mataram, P. U. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Meningkatkan Literasi Sains untuk. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219ââ¬â227.
Sudiarto, Rialmi, Z., & Sutiman, S. (2019). Pelatihan Wirausaha Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Anak Jalanan Pada Komunitas Anak Jalanan Flyover Balaraja Serang ââ¬â Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 267ââ¬â275.
Suparno, & Alfikar, G. (2019). Implementasi UUD NKRI 1945 Pasal 31 Ayat 1 Melalui Pengentasan Buta Akasara Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Generasi Sehat dan Cerdas (PNPM-GSC) terhadap Peningkatan Kesadaran Pendidikan Masyarakat di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk Kabupaten S. Jurnal PEKAN, 4(2), 159ââ¬â167.
Suyanto, B. (2016). Masalah Sosial Anak. Kencana.
Taufiq, W. F., Komaro, M., & Permana, T. (2019). Studi eksplorasi minat berwirausaha e-commerce mahasiswa d3 teknik mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 132ââ¬â139.
Urfa, U. K., Sanjaya, & Anom, W. K. (2019). Pengembangan Modul Koloid Berorientasi Chemoentrepreneurship (Cep) Untuk Kelas Xi Sman 9 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 6(1), 25ââ¬â33.
Author Biographies
Andika Dwi Putra, Universitas Negeri Surabaya
Achmad Lutfi, Universitas Negeri Surabaya
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).