PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TAMAN BARU MATARAM

Penulis

Baiq Laily Nurfiana , Nurhasanah Nurhasanah , Ika Rachmayani , I Nyoman Suarta

DOI:

10.29303/jmp.v1i1.2877

Diterbitkan:

2021-08-23

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2021): Februari

Articles

Cara Mengutip

Nurfiana, B. L., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TAMAN BARU MATARAM. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i1.2877

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar di Perumahan Taman Baru Mataram. kemampuan kognitif menggunakan media kartu angka bergambar yang bervariasi dan menarik sehingga dapat dengan mudah merangsang anak untuk lebih cepat mengenal angka dan mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.

Penelitian ini menggunakan 7 langkah-langkah bermain kartu angka bergambar yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak sebagai berikut: (a) Pertama-tama anak diminta untuk menggambil 2 kartu angka yang sudah disediakan (1-10) kemudian menunjukkan kartu angka yang lebih sedikit dan yang mana kartu angka yang lebih banyak. (b) Kemudian anak diminta membilang kartu angka dan kartu gambar dengan benar. (c) Kemudian anak diminta untuk membilang 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (d) Selanjutnya mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (e) Anak diminta untuk menunjukkan lambang bilangan dengan menggunakan kartu angka. (f) Selanjutnya anak menggantungkan kartu angka dan kartu gambar pada papan gantung sesuai dengan jumlah kartu angka dan kartu gambar. (g) Kemudian anak menulis lambang bilangan 1-10 pada kertas yang sudah disediakan. Hasil persentase yang diperoleh Pada tahap pengembangan I persentase sebesar 37,5%, pengembangan II persentase sebesar 51,56% serta pengembangan III sebesar 82,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu angka bergambar dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di Perumahan Taman Baru Mataram, NTB.

Referensi

Arief Sadiman S., dkk, 2003. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Beaty, Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta.

Cucu Eliyawati. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber belajar.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan.

Rahayu Dwi Istati. 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Mataram : FKIP Universitas Mataram.

Hasan, Maemunah 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta.

Nazella Afriyenisca, 2018. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Di TK Assalam II Pulau Singkep, skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfab

Wahyudi, Agustin. 2011. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Band

Biografi Penulis

Baiq Laily Nurfiana, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

I Nyoman Suarta, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>