Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa SMP PGRI Sengon dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode POE

Penulis

Amri Baihaqi Mashuda

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.1058

Diterbitkan:

2019-04-02

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Articles

Cara Mengutip

Mashuda, A. B. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa SMP PGRI Sengon dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode POE. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 59–63. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1058

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

In the modern era, physics lessons are still one of the subjects that some students find difficult.When students feel difficult to learn, the result is a decrease in the value of physics lessons. Based on these problems, researchers try to provide solutions to overcome the difficulties students in learning physics. This research was conducted at the PGRI First Middle School in Sengon Village, Purwosari District.Improving student learning achievement can be influenced by several factors, one of which is the activity of students in the learning process of physics. On increasing learning activity students can use several methods, one of which is the POE method (Prediction, Observation, and Explanation). In this method learning is centered on students, the prediction step is predicting and thinking examples of experiments conducted by the teacher. Observation step, students conduct experiments directly and explanation step students are required to communicate in the form in sentences from the step of prediction and observation. Measuring activity with observations made by peers in the learning process, while achievements with questions given in cycles I and II. Based on the results of the research cycle I and cycle II in terms of activity and student learning achievement said to increase well. On results of these research, it can be said that physics learning using the POE method is a solution to overcome a decline in student learning achievement.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).