Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa

Penulis

I Wayan Gunada , Hairunnisyah Sahidu , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpft.v1i1.233

Diterbitkan:

2017-03-14

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2015): Januari

Kata Kunci:

problem-based learning, scientific attitude.

Articles

Cara Mengutip

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(1), 38–46. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to develop problem-based learningà device in terms ofà validity and student responses. Learning device was developed coveringà the syllabus, lesson plans, fundamental of physicsà textbook, exsperiment in fundamental physics , worksheets, and learning outcome test. The expected benefits of this research is the problem-based learning tools that can be used as an alternative to the lecturer of the fundamental of physics learning in FKIPà Mataram of University.This refers to the process of developing 4D models (define, design, develop, disseminate). The results validate the lecturer learning device consisting of a syllabus, lesson plans, fundamental of physicsà textbook, experiment in fundamental physics , worksheets, and learning outcome test successivelyobtained scores of 2.65, 2.68, 3.30, 3.25, 2.285 and 3.14 are decent categorized. Student learning outcomes is seen from indicators of student achievement of cognitive learning and experiment processes valueà row gets a percentage of 76.80%à and 78.50%, while the scientific attitudeà students which amountedà average value of 76.42 and scientific attitudeà students can be interpreted good categorized. The positive student responses which amounted to 85.90%. From the validation results, student learning outcomes and student responses can be interpreted decentà device.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.