Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram

Penulis

Shinta Mutiara Dewi , Ahmad Harjono , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v2i3.302

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2016): Juli

Kata Kunci:

problem based learning, virtual simulation, concept mastery, creativity

Articles

Cara Mengutip

Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(3), 123–128. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.302

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is a quasi-experimental aims to identify the effect of problem-based learning model using virtual simulation media towards the studentsââ¬â¢ concept mastery and creativity in physics. The design of this research used of non-equivalent control group design, while the sampling technique used purposive sampling. The population of this research is all students of grade X SMAN 2 Mataram, while the sampling are the students of grade X-3 as the experimental group and the students of grade X-4 as control group. The data obtained in this research isà data mastery of concept and creativity. The research hypothesis was tested using t-test polled variances. The test result showed that the N-gain mastery of concepts has increased in each sub material and the highest increase in the sub matter theory of electromagnetic waves. Values of N-gain experimental group in the high category (71%) and control group in the medium category (53%). T-test showed that the model is applied to significant influence on improving studentsââ¬â¢ mastery of concepts and creativity, higher in the experimental group compared with the control group. Increased figural creativity higher than verbal creativity in both classes

Referensi

Prasetyo, Z.K, Wahyana, Mundilarto, Subiakto, dan Abdullah, A.A. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hikmawati dan Gunada, I.W. 2013. Kajian Fisika SMA. Mataram: FKIP PRESS.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Listiawati, W, Gunawan, dan Sutrio. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Pujut. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. I No.1, 82-86.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Hermansyah, Gunawan dan Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fiska dan Teknologi. Vol.I No. 2, 97-102.

Hermawanto, Kusairi, S, dan Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fiska Indonesia. 9, 67-76.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Prima, E.C dan Kaniawati, I. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 16. No.1, 179-184.

Tan, O. S., Teo, C. T., dan Chye, S. 2009. Problem and Creativity. Problem Based Learning and Creativity. Singapore : Cengage Learning Asia.

Magdalena, O, Mulyani S, dan Susansi, E.V.H. 2014. Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Learning dan Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Verbal Pada Materi Hukum Dasar Kimia Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol.3. No.4, 162-169.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.