Pengaruh Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Lalu Haditya Arria Rahmana , Muhammad Zuhdi , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3520

Diterbitkan:

2022-05-31

Terbitan:

Vol 8 No SpecialIssue (2022)

Kata Kunci:

STEM, Problem Based, Concept Mastery

Articles

Cara Mengutip

Rahmana, L. H. A., Zuhdi, M. ., & Sutrio, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(SpecialIssue), 38–42. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3520

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of problem-based STEM learning on students' mastery of physics concepts. The research method used is quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The research was carried out from the third week of March to the second week of April at SMAN 1 Sikur. The population of this research was students of class XI MIPA 2, XI MIPA 3, and XI MIPA 4 for the academic year 2021/2022, with a sampling technique using purposive sampling. This study used two classes, namely the control and experimental groups—the Data collection for mastery of concepts using tests in the form of description questions. The research hypothesis was tested using an independent t-test to analyze the difference in the mean scores of pre-test and post-test in both classes using SPSS 16 software. The independent t-hypothesis test resulted in a sig. (2-tailed) of 0.009, more minor than the significance value. (0.05) so that H_0 is rejected, and it is concluded that there are differences in the mastery of physics concepts due to the application of the problem-based STEM learning model.

Referensi

Arnyana, I, B, P. (2018). Pembelajaran sains di era revolusi industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA (8).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 2. Universitas Diponegoro. Semarang.

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2).

Husein, Umar. (2011). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Makhrus M., dan Hadiprayitno G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19(2), 237-242.

Mustiyawan, Ruli. SMAN 1 Sikur, 5 November 2021.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Ridha, M. R., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran PjBL berbasis STEM dalam meningkatkan kreativitas fisika peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 223-228.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variaabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rivai, H. P., Yuliati, L., & Parno, P. (2018). Penguasaan konsep dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 1080-1088.

Santoso, Singgih. (2014). Statistik parametrik edisi revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2014). Instructional technology and media for learning. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Widiyanto, J. (2010). SPSS for windows untuk analisis data statistik dan penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Widodo, L. (2018). Penguasaan konsep dan literasi saintifik untuk materi fluida statis siswa kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran STEM berbasis masalah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yadaeni, A., Kusairi, S., & Parno, P. (2018). Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas XII pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 357-364.

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Analisis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) materi kelistrikan pada buku tematik TEMA 3 kelas 6 SD. Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 2019, 1.

Biografi Penulis

Lalu Haditya Arria Rahmana, Universitas Mataram

Muhammad Zuhdi, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Sutrio Sutrio, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Lalu Haditya Arria Rahmana, Muhammad Zuhdi, Sutrio Sutrio

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.