PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN WERA TAHUN 2021

Authors

Sinta Ainun , Fahruddin Fahruddin , Ika Rachmayani , Nurhasanah Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v1i2.2894

Published:

2021-08-26

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Membaca Permulaan Anak

Articles

Downloads

How to Cite

Ainun, S., Fahruddin, F., Rachmayani, I., & Nurhasanah, N. (2021). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN WERA TAHUN 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2894

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina kecamatan Wera tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimenàPre-experimental Designàdengan desainàone group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK negeri Pembina Kecamatan Wera, sejumlah 23 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 perempuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanàsampelànonprobability samplingàdenganàtehnik sampling purposive. Tehnik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan hipotesis statistik. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansiàpretestà0.071 danàposttestà0,122 lebih dari (>) 0.05 artinya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikanààpenggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021. Terlihat dari nilai signifikansiàkemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) dengan nilai t hitung 18.40 > t tabel 1.717 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.àKesimpulannya, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak .à

References

Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. bandung Alfabeta. CV.

Anggraini. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibiyan Ngadirgo Mijen Semarang.

Asmonah, Siti. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal pendidikan anak.Vol 8 (1).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014

Rahayu, Dika P. 2017. Pengaruh Media Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Mengenal Suku Kata dan Meniru Huruf Pada AUD. Eduscope: 02.

Zein, Riwayati dkk. 2020. Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda Padang.STKIP Adzkia Padang.Vol 3 (3).

Halimatussaââ¬â¢diyah, F., & Fahruddin.2017. Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017.

Nurhasanah. 2018.Perkembangan Anak Usia Dini. Arga Puji Press Mataram Lombok:Lombok Barat.

Author Biographies

Sinta Ainun, Universities Mataram

Fahruddin Fahruddin, Universities Mataram

Ika Rachmayani, Universities Mataram

Nurhasanah Nurhasanah, Universities Mataram

License

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.