DAMPAK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA COVID-19 TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI

Penulis

Sofia Puspalaya , I Wayan Karta , Ika Rachmayani , Muazar Habibi

DOI:

10.29303/jmp.v1i1.2887

Diterbitkan:

2021-08-23

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2021): Februari

Kata Kunci:

Belajar Dari Rumah, Karakter

Articles

Cara Mengutip

Puspalaya, S., Karta, I. W., Rachmayani, I., & Habibi, M. (2021). DAMPAK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA MASA COVID-19 TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i1.2887

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Banyaknya kendala yang terjadi dari sistem belajar dari rumah seperti banyaknya orang tua yang tidak bisa menggunakan gadget sehingga pembelajaran terhambat yang mengakibatkan anak lupa dengan kewajibannya. Oleh karena itu pengembangan karakter melalui penyisipan nilai karakter menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi degradasi moral bangsa Indonesia di setiap usia, khususnya pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan belajar dari rumah di desa Teruwai selama COVID-19 dan mengetahui dampak yang terjadi pada saat pelaksanaan belajar dari rumah berlangsung. Manfaat dari penelitian ini diketahuinya dampak belajar dari rumah selama COVID-19 terhadap karakter anak di Desa Teruwai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obervasi dan dokumentasi. objek dalam penelitian ini adalah 2 orang anak yang berumur 5-6 tahun dari 2 TK di Desa Teruwai. Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu kurangnya kedisplinan anak, kurangnya sikap tanggung jawab dan kemandirian anak dalam mengerjakan tugas dikarenakan anak lebih senang bermain dan bahkan anak mengandalkan orang tua untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Emosional anak kurang bisa dikendalikan diakibatkan jenuhnya anak ketika tidak bisa keluar dari lingkungan sekitar rumah. Tapi sosial anak meningkat dikarenakan selama BDR anak bermain dengan teman maupun keluarga.

Referensi

Bungin, Burhan. 2017. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi Kedua. Jakarta: K E N C A N A

Hendarman. 2020. Penanaman Karakter Dalam Masa Belajar Dari Rumah. NTB. Diakses pada laman https://lpmpntb.kemdikbud.go.id/upload/jurnal/20200520141838.pdf tanggal 20 Februari 2021

Kurniati, Euis. 2020. Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan. Vol 5. Riau: FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai diakses pada laman https://obsesi.or.id/ tanggal 20 Januari 2021 pukul 19.30 WITA

Kurniasih, Happy dkk. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Proses Pembelajaran. Jakarta: Universitas Negri Jakarta diakses pada laman https://journal.unj.ac.id pada tanggal 20 Januari 2021 pukul 21.03 WITA

Lilawati, Agustien. 2020. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik diakses pada laman https://obsesi.or.id/ pada tanggal 23 Januari 2021 pukul 16.30

Patmi Yati. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Vol 18 No. 1. Samarinda: Lentera. Diakses pada laman https://journal.iain-samarinda.ac.id/ tanggal 16 Januari 2021 pukul 18.45 WITA

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasanti, Ditha. 2018. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah,

Dan Komunitas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: Jurnal Obsesi. Diakses pada laman https://www.obsesi.or.id/ pada tanggal 27 Januari 2021 pukul 19.23 WITA

Purandina, I Putu Yoga, I Made Astra Winaya. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3 No 2. Bali: Jayapangus Press. Diakses pada laman http://jayapanguspress.penerbit.org/ pada tanggal 27 Januari 2021 Pukul 20.21 WITA

Maryani, Kriantini. 2020. Penilaian Dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah Di Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 No. 2. Sulawesi Tenggara: PPJ PAUD INDONESIA KORDA SULAWESI. Diakses pada laman https://murhum.ppjpaud.org/ pada tanggal 20 Januari 2021 pukul 08.45 WITA

Nahdi, Khirjan. dkk. 2020. Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diakses pada laman https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/529 pada tanggal 11 Januari 2021.

Rachmawati, Yeni, Ali Nugraha. 2015. Metode Pengembangan Sosial Emosional.Tangerang: Universitas Terbuka.

Rihlah, Jauharotur. Dkk. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 No 1. Surabaya: PAUD Lectura. Diakses pada laman https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/4878/2397/ pada tanggal 12 Februari 2021 pukul 16.45 WITA.

Sari, Diah Andika, dkk. 2020. Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19,ââ¬Âdi Rumah Sajaââ¬Â. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5. Jakarta: Jurnal Obsesi. Diakses pada laman https://obsesi.or.id/ pada tanggal 27 Januari 2021 pukul 08.01 WITA

Biografi Penulis

Sofia Puspalaya, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

I Wayan Karta, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Ika Rachmayani, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Muazar Habibi, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.