PELATIHAN MASSIVE ONLINE OPEN COURSE (MOOC) BERBASIS QUIZIZZ MEMBACA TEKS UNTUK MGMP BAHASA INDONESIA SMPN KOTA BANJARMASIN
Authors
Rusma Noortyani , Fatchul Mu'in , Noor Cahaya , Nuruddin Wiranda , Uswatun Hasanah , Jarkani , Delfisea CahyaDOI:
10.29303/jppm.v6i3.5555Published:
2023-08-31Issue:
Vol. 6 No. 3 (2023): AgustusKeywords:
Pelatihan, MOOC, QuizizzArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Mitra kegiatan PKM ini adalah untuk MGMP bahasa Indonesia SMPN kota Banjarmasin. Guru-guru bahasa Indonesia tingkat SMPN kota Banjarmasin diberikan pelatihan pembuatan Massive Online Open Course (MOOC) dengan menggunakan Google Classroom dan media kuisnya menggunakan kuis interaktif online dari Quizizz. Dengan melakukan kegiatan PKM ini, tujuan khusus yang dicapai adalah guru menjadi lebih mampu menggunakan teknologi untuk melaksanakan dan menilai pembelajaran daring. Diharapkan peserta PKM ini dapat menambah wawasan dan inspirasi kepada guru lain dari latar belakang pendidikan yang berbeda di sekolah atau dalam kegiatan MGMP untuk masing-masing kelompok guru mata pelajaran. Diharapkan bahwa kegiatan PKM ini akan memberikan dukungan yang menyeluruh dalam langkah-langkah berikut: 1) Pertemuan awal dengan guru mitra untuk membahas pentingnya teknologi informasi dalam pembelajaran dan penilaian pembelajaran; 2) Pelatihan intensif soal kuis/ujian dan penerapan soal kuis/ujian dalam kuis interaktif online Quizizz; 3) Focus Group Discussion (FGD) tentang media kuis interaktif online Quizizz yang dikembangkan; dan 4) Simulasi kuis interaktif online Quizizz, 5) Evaluasi hasil operasi.
References
Bahar, A. (2017). Membuat kuis interaktif kelas dengan Quizizz.
Emigawaty. (2017). Perancangan Arsitektur dan Purwarupa Model Pembelajaran Massive Open Online Course (MOOCs) di Perguruan Tinggi Menggunakan Layanan Mobile. JURNAL ILMIAH Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 18(1), 6.
Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429
Fuadi, A., Syahfitri, D., Ridha, Z., & Sabariah, H. (2022). Pelatihan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Pada Masa New Normal Di Mts Teladan Gebang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1498. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7344
Maspupah, A., & Wulan, S. R. (2021). Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Fitur Lesson Quizizz. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 439. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3761
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Munawaroh, N., Rahmat, A., Sarah, M. M., & Anugrah, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Aplikasi Quizizz Era New Normal. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 1(2), 131–144.
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., Oktaviani, S. N., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika Vi Sdn Karang Tengah 06. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Octarina, S., Bangun, P. B. J., Puspita, F. M., Indrawati, I., & Yuliza, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sistem Hybrid Saat Pandemi Covid-19 Bagi Guru Dan Tenaga Pendidik Di Desa Ibul Besar Pemulutan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 91–96. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i1.3402
Pambudi, M. B., & Wibawa, S. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Massive Open Online Courses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IT-EDU, 5(1), 294–302.
Panggabean, S. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1, 25–30.
Pomerol, J. C., Epelboin, Y., & Thoury, C. (2015). MOOCs: design, Use and Business Models. Wiley.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Positif, 1(1), 18–28.
Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335
Riyana, C. (2015). Konsep Pembelajaran Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saputra, N. A. B., Pramita, M., Wiranda, N., Jamaludin, J., & Hairina, E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Kuis Interaktif Online Bagi Guru Smp Mata Pelajaran Matematika. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2296. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14298
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan teknis pembelajaran daring menggunakan aplikasi quizizz bagi guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 213–217. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2204
Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Dengan Aplikasi Quizizz Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7082
Silvana, H., & Fajar, Y. (2016). User Analysis of Massive Open Online Courses (Moocs) Based E-Learning System To Ensure Equal Access To Education At Higher Education. Edutech, 15(2), 170. https://doi.org/10.17509/edutech.v15i2.4067
Suardinata, I. W., & Suwardiyanto, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Web Kelas Online Berbasis Video Untuk Pemerataan Pendidikan. Jurnal Teknologi Informatika Dan Terapan, 04(01), 59–64.
Suhartini, N. (2022). Penerapan Media Interaktif Quizizz Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Daring Di Kelas Iii a Sdn Sidokumpul Kecamatan …. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/335
Susanti, D. D., & Khabibah, D. S. (2013). Minat dan HAsil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Komputer Pada Materi Bola. Unesa, 2012–2014.
Untari, E. (2017). Efektivitas ,etode Kuis Interaktif dan Explicit Intruction pada Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi. 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Wiswanti, C., & Belaga, S. Y. (2020). Integrasi Nilai Keislaman Dalam Proses Pembelajaran Di Era Mooc (E-Learning) Melalui Strategi Pre-Post Rules. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 86–99. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5037
License
Copyright (c) 2023 Rusma Noortyani, Fatchul Mu'in, Noor Cahaya, Nuruddin Wiranda, Uswatun Hasanah, Jarkani, Delfisea Cahya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).