PEMBERDAYAAN KREATIVITAS GURU SMP DALAM PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF DAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Authors
Bambang Eko Susilo , Arief Agoestanto , Masrukan Masrukan , Ary Woro Kurniasih , Hery SutartoDOI:
10.29303/jppm.v7i4.7881Published:
2024-11-06Issue:
Vol. 7 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Pemberdayaan kreativitas guru, media interaktif, liveworksheets, asesmen pada pembelajaran berdiferensiasiArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberdayakan kreativitas guru SMPN 41 Semarang dalam memanfaatkan media interaktif dan asesmen pada pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain ceramah, latihan, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, dan juga pendampingan dalam sosialisasi dan mengenal media interaktif liveworksheets dan asesmen pada pembelajaran berdiferensiasi. Dalam kegiatan ini guru telah telah memperoleh sosialisasi dan mengenal media interaktif liveworksheets dan asesmen pada pembelajaran berdiferensiasi, dan melalui penugasan guru telah berhasil merancang media interaktif Liveworksheets dan asesmen pada pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan evaluasi dan diskusi terkait hasil pengabdian yang telah dilakukan, kegiatan pengabdian memperoleh respon berupa antusias yang tinggi dari para guru dalam praktik merancang media interaktif Liveworksheets dan asesmen pada pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu masing-masing guru. Diperoleh sebanyak 90% responden menyatakan mendapat banyak tambahan wawasan, dan materi pengabdian yang diberikan efektif menambah kreativitas, ide atau inspirasi guru SMPN 41 Semarang. Hal ini ditunjukkan sebanyak 86,67% responden merasa mendapat banyak tambahan ide atau inspirasi. Hasil rancangan media pembelajaran interaktif dengan Liveworksheets ini dapat digunakan secara berulang, mudah diakses, dan membantu meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, penggunaan media ini juga membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik yang pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar.
References
Eliana, Y. S., Imanuel, S. A., & Gabriel, S. (2022). PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUTAINMENT BAGI GURU SDN 1 RAWAK HULU. Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Ginting, D., Abda, M. I., Maq, M. M., Karina, M., & Sari, N. I. (2023). Pelatihan Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 124-131.
Habibie, M. T., Aditya, D. Y., & Kamali, A. S. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Quiziz Bagi Guru SMK PGRI 4 Jakarta. KENDURI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-5.
Hendikawati, P., Rachmani DN, N., & Susilo, BE. (2016). Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MI Roudlotul Huda Gunungpati Semarang. Jurnal Abdimas, Vol 20, No 1 (2016) hal.: 37-42.
Ismail, A. D., Kusumawardana, A. S., Azmi, R. D., & El Walida, S. (2024). Peningkatan kompetensi Guru Sekolah Menengah Atas dalam penyusunan modul ajar, bahan ajar dan instrumen asesmen pada kurikulum merdeka. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 141-148.
Khasanah, N., Irawan, R. S., Latara, A. Z., Sulistiani, I., Ilma, A. U., Putriyana, F., ... & Wulandari, E. C. (2022). Pendampingan Pendidik Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada PAUD Kusuma Bangsa Desa Prangat Baru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 854-860.
Kusmayanti, I. N., Wulandari, S., & Suhendra, A. A. (2022, August). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN DIGITAL LEARNING TOOLS UNTUK MELAKUKAN ASESMEN PEMBELAJARAN ALTERNATIF BAGI GURU BAHASA INGGRIS ANGGOTA KOMUNITAS KELAS KREATIF INDONESIA. In Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar (Vol. 2, No. 1).
Mardikaningsih, A. A., & Kurniasari, P. (2022). Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 502-507.
Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18.
Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP Negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.
Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Menganalisis Prinsip Asesmen dan Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 164-174.
Roisatul, F., Sulistyani, N., Maulyda, M. A., & Deviana, T. (2024). Pendampingan penyusunan instrumen asesmen diagnostik matematika untuk mendesain pembelajaran beriferensiasi di Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 771-779.
Setiati, N., Indriyanti, D. R., Rudyatmi, E., Subekti, N., Dewi, P., Sriyadi, S., Auliya, R., Qonita, N. T., & Arditama, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring melalui Video Pembuatan Berbagai Awetan Hewan bagi Guru IPA-Biologi Sekecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-18.
Sobiruddin, D., Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Satriawati, G. (2020). Pendampingan Bagi guru Ra di Pandeglang-Banten dalam memanfaatkan media ICT berbasis proyektor interaktif. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13-20.
Sudarmiani, S., Nugraha, N., Malawi, I., Rifai, M., Efendi, M. A., Sutrisni, S., & Sudaryanto, E. (2022). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMP DI KOTA MADIUN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1543-1550.
Sulastini, R., Irnawati, R., Agustini, T., & Stefanie, S. (2023). Pendampingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen dalam KOSP Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Journal of Education Research, 4(4), 2228-2235.
Susilo, B. E., Agoestanto, A., Kharisudin, I., & Iqbal, M. (2024). PEMBERDAYAAN KREATIVITAS GURU SMP KARIMUNJAWA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 1-6.
Widyaningsih, N., Komalasari, M. D., & Purmomo, H. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis online pada guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Community Service, 1(2), 347-361.
Wijayanto, S., Purba, P. S., Persada, G. N., Purnama, R., Suhendar, A., & Usman, U. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT SEKOLAH DASAR BABAKAN. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 97-103.
Winarni, E. W., Koto, I., & Hartono, R. (2022). Pendampingan Guru SD dalam Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Proyek dan Penilaian Kreativitas Siswa. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(2), 110-117.
Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488-503.
License
Copyright (c) 2024 Bambang Eko Susilo, Arief Agoestanto, Masrukan Masrukan, Ary Woro Kurniasih, Hery Sutarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).