Optimalisasi Literasi Membaca Melalui Edukasi di SDN 56 Bengkulu Selatan
Authors
Elisa Novita Sari , Andri Kusuma Wijaya , Hafiz GunawanDOI:
10.29303/jppm.v8i1.8427Published:
2025-01-28Issue:
Vol. 8 No. 1 (2025): FebruariKeywords:
optimalisasi, literasi membaca, edukasiArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Peningkatan literasi membaca merupakan aspek krusial dalam pendidikan, karena kemampuan membaca yang baik mendukung pemahaman materi pelajaran di berbagai mata pelajaran serta keterampilan hidup sehari-hari. Di SD 56 Bengkulu Selatan, literasi membaca menghadapi tantangan serius akibat rendahnya minat baca siswa, keterbatasan akses bahan bacaan, dan faktor sosial ekonomi. Program edukasi literasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman bacaan siswa melalui berbagai metode interaktif seperti membaca bersama, diskusi, dan pemanfaatan media digital. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat baca dan kemampuan pemahaman siswa. Evaluasi berkala melalui tes pemahaman bacaan dan diskusi kelompok membantu memantau kemajuan dan menyesuaikan metode pengajaran. Untuk keberlanjutan, disarankan peningkatan fasilitas perpustakaan, pelatihan guru, kolaborasi dengan pihak eksternal, pemanfaatan teknologi, keterlibatan orang tua, dan evaluasi rutin kemampuan membaca siswa.
References
Aditomo, A., & Felicia, N. (2018). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia. Kilas Pendidikan, Edisi 17(August), 1–8.
Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. (2017). Gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan budaya baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 55.
Alfi Yuda. (2022). peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581.
Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49–62.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257.
Eryani, R. (2023). Pentingnya literasi dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di era digital. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–14.
Fachri, M., Rozi, F., & Putri, F. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1055–1068.
Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset Padagogik, 4(1), 94–107.
Haidar, A., & Sholeh, M. (2020). Program Literasi Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 639–647.
Hapsari, A. P. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(17), 1631–1638.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.
Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443.
Irdawati, Y., & Darmawan. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Malau, T. F., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya administrasi sarana dan prasarana pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195.
Marnaek, Z., Tasya, T., Mahdijaya, M., Rustinar, E., Yuniarti, I., Rahmanzah, A. W., & Sepika, S. (2022). Optimalisasi Literasi Siswa Sd Muhammadiyah 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 103–106.
Meilasari, D., & Diana, R. R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(1), 41.
Nay, Y. A., Wau, M. P., Sayangan, Y. V., & Noge, D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Didaktika, 13(1), 273–280.
Nindya, F. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33.
Purba, H. M., Sakinah Zainuri, H., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa , 2(3), 177–193.
Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs), 3(3), 2234.
Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa Depan Bangsa. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776.
Slamet, S. T. Y. (2018). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya, 1, 42–54.
Tijow, M. A., Sembiring, D. A., Aryesam, A., & Ellen Risamasu, P. G. (2022). Edukasi Gerakan Literasi Sekolah Menuju Program Merdeka Belajar Educational of School Literature Action Towards Merdeka Belajar Program. Abdimas Galuh, 4(2), 1006–1015.
Wardani, G. A., & Astuti, S. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9450–9456.
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507.
License
Copyright (c) 2025 Elisa Novita Sari, Andri Kusuma Wijaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).