Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Kafein Dari Bubuk Kopi

Aenun Safitri, Aliefman Hakim, Baiq Fara Dwirani Sofia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi., (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, and dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi mahasiswa program studi pendidikan kimia angkatan 2016/2017 yang berjumlah 67 mahasiswa dan sudah memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sampel  penelitian yaitu 15 mahasiswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aiken’s adalah V = 0,7 yang menunjukkan bahwa modul praktikum praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata praktikalitas semua komponen sebesar 85% respon mahasiswa dan 94% respon dosen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi yang dikembangkan bersifat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Kimia Bahan Alam, Kopi, Kafein

 

Full Text:

PDF

References

Agustin, Rika R., (2013). Pengembangan Keterampilan Generik Sains melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 18, No. 2 hal: 253-257.

Atun, Sri., (2014). Metode Isolasi dan Identifikasi Struktur Senyawa Organik Kimia Bahan Alam. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, Vol. 8, No. 2 hal: 53-61.

Erawanto, U. dan Santoso, E., (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membantu Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol. 2, No.2 hal: 427-436.

Fajriana, N. H. dan Fajriati, I., (2018). Analisis Kadar Kafein Kopi Arabika (Coffea arabica L.) pada Variasi Temperatur Sangrai secara Spektrofotometri Ultra Violet. Analytical and Environmental Chemistry, Vol. 3, No. 2 hal: 148-162.

Gustinasari, M. Lufri dan Ardi., (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, Vol. 1, No. 1 hal: 60-73.

Hakim, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., Andayani, Y., Rahayuan, B. D., & Supriadi, S. (2019). Promoting Students’ Metacognition in Natural Product Chemistry Course through Mini Project Laboratory. Open Access Library Journal, 6(10), 1-8.

Mahmudah, S. Sukib, S. dan Hakim, A., (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin dari Pala. Chemistry Education Practice, Vol. 1, No. 1 hal: 20- 25.

Misfadhila, S. Zulharmita dan Siska, D. H., (2016). Pembuatan Kafein Salisilat secara Semisintetis dari Bubuk Kopi Olahan Tradisional Kerinci. Jurnal Farmasi Higea, Vol. 8, No. 2 hal: 175-188.

Nulhaqim, S. A. Heryadi, R. R. Pancasilawan, R. dan Fedriyansyah, M., (2015). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEA Comunity 2015. Social Work Jurnal, Vol. 6, No. 2 hal: 154-272.

Nugraheni, F. T. Dewi, M. Septiyana, R., (2017). Perbandingan Rendemen Kristal Kafein pada Biji Kopi (Coffea arabica l.) dan Coklat (Theobroma cacao l.) dengan Menggunakan Metode Refluks. Cendekia Journal of Pharmacy, Vol. 1, No. 1 hal: 41-48.

Pujani, Ni Made., (2014). Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 2 hal: 471-484.

Sugiyono., (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk., (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Penerbit National Center for Improvement Educational System. Washinton DC.

Wasia, N. H. Sudarma , I. M. Savalas, L. R. T. dan Hakim, A., 2017. Isolasi Senyawa Sinamaldehid dari Batang Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) dengan Metode Kromatografi Kolom. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 12, No. 2 hal: 91-94.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.