Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Fenobarbiton dari Kulit Batang Pohon Api-api (Avicennia marina)

Siti Rabiatul Adawiyah, Aliefman Hakim, Saprizal Hadisaputra

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi fenobarbiton dari kulit batang pohon api-api (Avicennia marina) dengan menggunakan model 4D (define, design, development, dan dissemination). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul praktikum, tingkat kelayakan dan kepraktisan dari modul praktikum yang dikembangkan. Populasi penelitian diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram angkatan 2016 berjumlah 67 orang yang sudah mengambil mata kuliah kimia bahan alam, sedangkan sampel yang dipilih sebanyak 18 orang dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,7 dengan kategori valid dan layak untuk digunakan. Sementara itu, praktikalitas semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata respon mahasiswa sebesar 85% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon dosen sebesar 78% dengan kategori praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi fenobarbiton dari kulit batang pohon api-api (Avicennia marina) yang sudah dikembangkan menggunkan model 4D telah terlaksana bersifat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. 

Full Text:

PDF

References

Brotosiswoyo, B.S. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat antar Universitas untuk Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka.

Connors, K.A., Arnedon, G.L., dan Stella, V.J. (1986). Chemical Stability of Pharmaceuticals A Handbook for Pharmacists, Edisi 2. Canada: John Willey & Sons.

Darminto, Alimuddin dan Iwan D A. (2009b). Potensi Ekstrak Etanol Kulit Batang tumbuhan Mangrove (Avicennia spp) dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Aeromonas Hydrophyla. Jurnal Bionature 10 (2): 56-59.

Darminto, Alimuddin dan Iwan D A. (2012). Isolasi Senyawa Metabolit Sekunder Utama Ekstrak Etanol Kulit Batang Tumbuhan Mangrove (Avicennia spp.). Jurnal Sainsmat 1(1): 61-67.

Direktorat Jenderal Pengembangan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fajriyani. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Ilmu Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika. Skripsi S1. UIN Alauddin Makassar.

Kordi GH. (2012). Ekosistem Mangrove : Potensi, Fungsi dan Pengelolaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Liliasari. (2007). Scientific Conceps and Generic Science Skills Relationship In The 21st Century Science Education. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education. Bandung. 13-18.

Mahera, SA, Ahmad VU, Saifullah SM, Mohammad FV dan Ambreen K. (2011). Steroids and Terpenoids from Grey Mangrove Avicennia marina. Pakistan Journal of Botany 43 (2): 1417-1422.

Raharjo, T.J. (2013). Kimia Hasil Alam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk., (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Penerbit National Center for Improvement Educational System. Washinton DC.

Umiarso. Zamroni. (2011). Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

W.S. Winkel. (2009). Psikologi Pembelejaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zakirman dan Hidayati., (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, Vol. 06, No. 1 hal: 85-93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.