Pengembangan Buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS)
DOI:
10.29303/jpft.v7i1.2767Diterbitkan:
2021-06-30Terbitan:
Vol 7 No 1 (2021): Januari-JuniKata Kunci:
Physics History, Higher Order Thinking SkillArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This study aims to develop and produce a physics history textbook based on higher order thinking skills (HOTS). This research was a development research which consists of four stages, namely: the determination stage, design, development, and dissemination. The success of the indicators of this research were seen from the feasibility of the developed textbooks. Physics history textbook based on higher order thinking skills was categorized as good and suitable for use, in terms of content, presentation, and language feasibility. Meanwhile, in terms of textbook effectiveness, it was measured by the impact of increasing students' higher order thinking skills as seen from the increase in N-gain.ÃÂ The student's high-order thinking skills had increased with N gain 0.4 (moderate category). This shows that the textbooks that have been developed are feasible and effective in terms of the ability to increase higher-order thinking skills (HOTS).
Referensi
Angraeni, L., Boisandi, Matsun. (2019). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis ICT. Kappa Journal,3(2),126-133. from DOI: 10.29408/kpj.v3i2.1714
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestari, R., Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan.
Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. 1(2),10-29. From http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v1i2.194
Bahtiar. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Pembelajaran 3Pe Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,4(2), 176-184, from http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i2.78
Dinni, H.N. (2018) HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Unnes.
Gunada, IW., Rokhmat, J., Hikmawati, Wahyudi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Laporan Penelitian. Lemlit Universitas Mataram.
Hertiavi, M.A., & Sopacua, V. (2020) Pengembangan Kelas Daring Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Sejarah Fisika.Biopendik, 7(1), 39-48, from https://doi.org/10.30598/biopendixvol7issue1page39-48
Nurhayati, & Anggraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119-126, from https://doi.org/10.21009/1.03201
Nurhidayati, S., Tayeb, T., Baharudin. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makasar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 236-250 from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3530
Nirmalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Getaran Harmonis. Edusains, 4(2), 74-94, from http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/511
Sinensis, A.R. (2017). Sejarah dan Filsafat Sains Sebagai Pendekatan dalam Pengajaran Fisika Pada Konsep Archimedes. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(1), 23-28, from https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.120
Sitinjak, E.K. (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skills) Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Materi Suhu dan Kalor Pada Matakuliah Fisika Umum T.A 2019/2020. Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 95-102, from https://simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/169
Biografi Penulis
I Wayan Gunada, Universitas Mataram
Syahrial Ayub, Universitas Mataram
Aris Doyan
Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Universitas Mataram
Hikmawati Hikmawati, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).