Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ennis R H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. On line at
http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf [diakses tanggal 1 Oktober 2016].
Gunawan, G., & Liliasari, L. (2013). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis calon guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 185-199.
Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.
Herayanti, L., & Habibi, H. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.
Hikmawati. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37.
Johnson, E.B. (2008). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Penerbit MLC.
Prayogi, S., Hidayat, S., & Armansyah. (2013). Implementasi Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika, 1(1), 37-42.
Rahma, A.N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 133-138.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Snyder, L.G. & Snyder, M.J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 2, Spring/Summer, 2008: 90-99. Diakses tanggal 2 Mei 2015.
Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Jaya.
Udayani, P.A., Kusmariyatni, N., & Wibawa, I.M.C. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas IV SD di Desa Kalibukbuk. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 1(2), 1-10.
Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 23-27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.