Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atriyanto, B & Sulistyo, E. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI TAV di Sma Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(2), 09-13.
Ausubel, D.P. 1968. Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.
Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 119-127.
Harjono, A. 2012. Perbedaan Strategi Pembelajaran dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas X. Jurnal Pijar MIPA. 7(1), 13-17.
Haryadi, A. & Achmadi, H.R. 2013. Pengembangan Materi Ajar Berbasis Scaffolding pada Pokok Bahasan Analisis Vektor di SMAN 1 Waru Pamakasan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(3), 174-179.
Luritawaty, Irena P., & Nuraeni, R. 2015. Model Advance Organizer dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1), 13-19.
Nabila, F.M., Gani, A., & Habibati. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(2), 127-135.
Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati. 2017 Pegaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 137-145.
Rahmatiah, R., & Kusairi, S. 2017. Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 45-54.
Rusminingsih, P. 2015. Penerapan Metode Ekspositori Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Kolaborasi. 1(9), 877-885.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamesia Grup.
Septriani, N., Irwan & Meira. 2014. Pengaruh Pendekatan Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 17-21.
Sinulingga, K, & Munte, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Pada Materi Pokok Besaran dan Satuan di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(2), 1-6.
Sungkawan, R, & Motlan. 2013. Analisis Penguasaan Konsep Awal Fisika Pada Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Terhadap Hasal Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2(2), 73-80.
Refbacks
- There are currently no refbacks.