Strategi Pengembangan LKS Model Kausalitik Terintegrasi Nilai Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Perubahan Karakter

Penulis

Huraiza Mahmudah , Joni Rokhmat , Kosim Kosim

DOI:

10.29303/jpft.v8i1.3389

Diterbitkan:

2022-05-22

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2022): January-June

Kata Kunci:

Student Worksheet Development, Character Value, Causalitic Model, Creative Thinking Ability, Character Change

Articles

Cara Mengutip

Mahmudah, H., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2022). Strategi Pengembangan LKS Model Kausalitik Terintegrasi Nilai Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Perubahan Karakter . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(1), 30–36. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.3389

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan LKS model kausalitik terintegrasi nilai karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan perubahan karakter siswa SMP. Model kausalitik terintegrasi nilai karakter merupakan model pembelajaran yang dipergunakan untuk mengembangkan potensi siswa dalam mengidentifikasi dan menguraikan penyebab-akibat terjadinya suatu fenomena atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4-D yaitu define (mendefinisikan), design (merancang), develop (mengembangkan), dan disseminate (menyebarluaskan). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan LKS pembelajaran fisika model kausalitik terintegrasi nilai karakter untuk materi usaha dan pesawat sederhana pada jenjang SMP kelas VIII. Strategi pengembangan LKS model kausalitik terintegrasi nilai karakter memuat beberapa karakteristik unik, diantaranya yaitu menguraikan fenomena yang memuat beberapa unsur penyebab-akibat, fenomena yang akan diidentifikasi berkaitan dengan permasalahan karakter dalam kehidupan sehari-hari,  memiliki tabel kausalitas, menyediakan ruang untuk memberikan penjelasan, memuat pesan moral terkait permasalahan karakter, menggunakan bahasa yang singkat, jelas, mudah dimengerti dan dipahami, serta menggunakan gambar pendukung terkait fenomena yang diuraikan.

Referensi

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D.P. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceding Biology Education Conference. 13(1), 868-872.

Anshori, I.A., Rokhmat, J., & Gunada, I.W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kausalitik dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 5(2), 205-212.

Badan Pusat Statitik. 2013. Data Kependudukan. Jakarta (ID): BPS.

Depdiknas, A. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Garbarino, J. 2009. Childern and Families in the Social Environment. New York: Aldine De Gruyter.

Harwati, K., Rokhmat, J. 2021. Development of Student Worksheet to Improve Cereative and Critical Thinking Ability of Students in Causalitic-Learning Model. Journal of Physics: Conference Series. 1-9. Doi: 10.1088/1742-6596/1816/1/012038.

Kemendikbud. 2018. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Nurjamilah., Rokhmat, J., Sahidu, H., & Harjono, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kausalitik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Dalam Pembelajaran Fisika Masa Learning from Home Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 6(2), 183-192.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahardjo, S., & Zamroni, E. 2019. Teori dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testing. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rokhmat, J. 2018. Model Pembelajaran Kausalitik. Mataram: Arga Puji Press.

Rokhmat, J., Marzuki., & Wahyudi. 2019. Fisika SMA-1a dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik. Mataram: LITPAM.

Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kausalitik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal GueScienceEdu. 1(1), 11-16.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warodiah, Y.N., Rokhmat, J., Zuhdi, M., Kosim., & Ayub, S. 2021. The Strategy of Student-Worksheet Design with a Causalitic-Learning Model to Improve Creative-Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series. 1-12. Doi: 10.1088/1742-6596/1816/1/012047.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Biografi Penulis

Huraiza Mahmudah, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, University of Mataram

Kosim Kosim, University of Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Huraiza Mahmudah, Joni Rokhmat, Kosim Kosim

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.