Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arend, B. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussions. Journal of Educators Online, 6(1), 1-23.
Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.
Gunawan., Harjono, A., dan Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Guru. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9-14.
Lee, G., Kwon, J., Park, S. S., Kim, J. W., Kwon, H. G., dan Park, H. K. 2003. Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary level science classes. Journal of research in science teaching40(6), 585-603.
Makhrus M.,danHadiprayitno G. 2012. Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19(2), 237-242.
Makhrus M., Nur M., danWidodo W. 2014. Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal PIJAR MIPA 9(1), 20-25.
Muthmainnah., Rokhmat, J., dan Ardhuha, J. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Fisika berbasis Eksperimen Virtual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 40-47.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Schunk, D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyowati, A., Subali, B., dan Mosik. 2011. Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89-96.
Treagust, D. F. 2013. An Intervention Study Using Cognitive Conflict to Foster Conceptual Change. Journal Science and Mathematic 36(1), 44-64.
Tuqalby, R., Sutrio., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 8-13.
Wiradana, I. W. G. (2012). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2),1-19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.