Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

Intan Permatasari, Agus Ramdani, Abdul Syukur

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan dan penentu berhasilnya pendidikan. Pembelajaran adalah aktivitas atau interaksi antar peserta didik, pendidik dan sumber belajar dalam kegiatan  belajar mengajar. Dalam hal ini, sumber belajar merupakan sarana penting yang dapat membantu peserta didik dan guru memperoleh informasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan  keefektifan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terintegrasi Sience, Environment, Technology, Society (SETS) pada materi sistem reproduksi manusiauntuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Teknik pengumpulan data dilaksankan melalui tahap validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik serta tes selanjutnya dianalisis dengan teknik kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berada pada kategori layak dengan rata-rata 80,71%,  (2) praktis berdasarkan respon guru dengan rata-rata 80,00%, respon peserta didik dengan rata-rata 80,05%,  dan (3) efektif berdasarkan perolehan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,46 (kategori sedang) dan pada kelas kontrol yang memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,27 (kategori rendah). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahan ajar IPA berbasis inkuiri terintegrasi SETS pada materi sistem reproduksi manusia layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Keywords

Bahan Ajar, Inkuiri, SETS

Full Text:

PDF

References

Windyariani, S. Setiono. & Sutisnawati, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Bioedukatika, 4(2):19-25.

Farda, J, U. Binadja, A.& Purwanti, E. 2016. Validitas Pengembangan Bahan Ajar IPA Bervisi SETS. Journal of Primary Education, 5(1):36-41.

Ningtyas, E, A., Sumarni, W., & Christijanti, W. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis SETS Dengan Tema Hujan Asan Untuk Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 3(1): 438-444.

Ikhsan, M., Suratno., & Prayitno, B. A. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Inkuiri, 5(1): 133-142.

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N. 2016. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2): 156-164.

Suardi, M. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Deswita, D. & Hufri. 2018. Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pillar of Physics Education. 11(3):153-160.

Kurniawati, I, D., Wartono., & Diantoro M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10: 36-46.

Umami, R., & Jatmiko, B. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan SETS (Sicence, Environment, Technology and Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3):61-69

Novitaningrum, M. Parmin. & Pamelasari, D, S. 2014. Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Pada Tema Mata Untuk Kelas IX Peserta didik MTs Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3(2):542-548

Deswita, D. & Hufri. 2018. Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pillar of Physics Education, 11(3):153-160.

Agustanti, T.H. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 16-20.

Hamdani, F, V. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk LKS Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Termokimia Siswa SMA. Pascasarjana. Unram.

Susilawati., Susilawati., & Sridana N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Sains Ditinjau dari Kemampuan Awal Peserta didik. Journal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2):102-110.

Khasanah, N. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society) Sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Konservasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam: 270-277.

Yuniastuti, E. 2015 Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Sains Terapan, 2(1): 72-78

Zhang, T., Asher, E., Zhang, M., & Yang, J. 2017. Thinking about Science: Understanding the Science, Technology, Society and Environment Education of Canada. International Journal of Education and Social Science, 4(2): 15-20.

Nugraha, A, D., Binadja, A., & Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1): 27-34.

Wijayanti, R, S, M., Binandja, A., & Haryani, S. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Larutan Penyangga Berbasis Masalah Bervisi SETS. Journal Of Innovative Science Education, 2(1):1-6.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J, O. 2009. The Systematic Design of Instruction. Universitas of South Florida: Emeritus.

Riduwan, 2018. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Score.USA: Dept.Of Physics Indiana University.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality.Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Farda, J, U. Binadja, A.& Purwanti, E. 2016. Validitas Pengembangan Bahan Ajar IPA Bervisi SETS. Journal of Primary Education. 5(1):36-41.

Amin & Kholiqul. A. 2016. Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 7 (6): 1-9.

Nisyah, M., Gunawan., Harjono., A & Kusdiastuti., M. 2019. Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Dipadu Advance Organizer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 14(2):1-6.

Hasanah, J., Jamaluddin., & Prayitno., H, G. 2019. Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pijar MIPA, 14(2):1-7.

Hasbi, A, M., Kosim., & Gunawan. 2015. Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (Apld) Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1): 1-5.

Senjaharmini, A, D., Jufri, W, A., & Jamaluddin. 2019. Efektivitas Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing (BAIPAIT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumen Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14(2):1-5.

Winarti, Y., Indriyanti, R, D., & Rahaya, S, E. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Ekologi Kurikulum 2013 Bermuatan SETS melalui Penerapan Model Based Learning. Unnes Science Educational Journal, 44 (1): 14-23.

Minarti, I.B., Susilowati, S.M.E., & Indriyanti, D, R. (2012). Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2):105-111.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari. 2019. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. JPPIPA, 5(1): 66-72.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.