Pengembangan Mobile Pocket Android Of Chemistry Berbasis Mind Mapping Sebagai Media Belajar Mandiri Pada Pokok Bahasan Asam Basa
DOI:
10.29303/cep.v6i2.3757Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Pengembangan, mobile pocket book android of chemistry, mind mapping, belajar mandiriArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan mobile pocket book android of chemistry berbasis mind mapping sebagai media belajar mandiri pada pokok bahasan asam basa, 2) tingkat kelayakan dan kepraktisan mobile pocket book android of chemistry berbasis mind mapping sebagai media belajar mandiri pada pokok bahasan asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-IPS SMAN 10 Mataram dengan sampel sebanyak 20 orang yang diambil secara acak yang kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) mobile pocket book android of chemistry yang dikembangkan dari 4 validator sebesar dengan menggunakan indeks Aiken’s (V) sebesar 0,83 dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dari mobile pocket book android of chemistry dapat dilihat dari respon siswa dengan rata-rata respon sebesar 90% dengan kategori sangat praktis digunakan. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobile pocket book android of chemistry berbasis mind mapping sebagai media belajar mandiri pada pokok bahasan asam basa yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan.
References
Ailillah, S., Junaidi, E., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2021). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 4(3), 310-311.
Arumdyahsari, S., Widodo, HS., & Susanto G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan. 1(5):828-834.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.
Firdaus, H.A. (2019). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mobile Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ Di SMAN 1 Sidayu Gesik. IT-EDU: Journal Information Technology and Education, 3(2), 121-138.
Harini, L. P. I., & Oka, T. B. (2016). Penggunaan Mind Map dalam Pembuktian Matematika. Jurnal Matematika, 6(1), 56-67.
Holme, T.A. (2020). Special Issue On Insights Gained While Teaching Chemistry In The Time of Covid-19. Jurnal of Chemical Education, 1226-1227
Khoironi, R. (2016). Pengembangan Pocket Book Of Chemistry On Android (Pockemon) Untuk Mata Pelajaran Kimia Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Skripsi), Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Nurjanah, S.A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Jurnal Kehumasan, 2(2), 387-402.
Nurmala, R Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika SMP Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkarkan Minat Belajar Siwa. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 4-17.
Retnawati, H. (2006). Validitas Reliabilitas dan Karakteristik (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sairi, A. P. (2018). Pengembangan Buku Saku (E-Media) Termodinamika Berorientasi Android. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), 2(2), 20-33.
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017, October). Analisis validitas terhadap pengembangan handout berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 581- 584.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta.
Susanti. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Pocket Book Menggunakan Adobe Flash Cc Berbasis Literasi Sains Mata Pelajaran Biologi Pada Peserta Didik Di Tingkat SMA/MA (Skripsi), Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta Kencana.
Utami, F. V., Saputro, S., & Susanti VH, E. (2020). Analisis Jenis Dan Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Dalam Memahami Materi Asam Basa Menggunakan Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 54-60.
Author Biographies
Atika Qomaria, Universitas Mataram
Muti’ah Muti’ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 Atika Qomaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).