Pengembangan E-Modul Sel Volta Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Pertanyaan Prompting Kelas XII SMA/MA
Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Discovery Learning, Prompting, E-Modul, Sel VoltaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas dari e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan Plomp. Uji validitas e-modul dilakukan pada tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas. Hasil validitas e-modul dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Uji Validitas dilakukan dua kali karena hasil validasi pertama sebesar 0,84 (tidak valid), kemudian dilakukan validasi kedua dengan hasil 0,93 (valid). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul sel volta berbasis discovery learning dengan teknik pertanyaan prompting untuk kelas XII SMA yang dikembangkan telah valid.
References
Aisyah, Ratna Sari Siti, Solfarina, and Unita Yuliantika. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit ( ELNOEL ).” 9(1).
Asmara, Anjar Purba, Agus Dwi Ananto, and Nokman Riyanto. 2014. “Pengembangan Media Audio Visual Tentang Praktikum Reaksi Oksidasi Reduksi Dan Elektrokimia Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa Sma/ Ma Kelas Xii Semester 1.” 2(2).
Aulia, Annisatul, and Andromeda. 2019. “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi Dan Virtual Laboratory Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Kelas X SMA / MA.” 1(1): 94–102.
Dinata, A A, and R Zainul. 2020. “Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA / MA.” 2(1).
Giri, Bayu Bramasta, and Suhadi Ibnu. 2020. “Pengembangan Modul Elektrokimia Dengan Pendekatan Kontekstual Chemoentrepreneurship Untuk SMA.” : 1183–89.
Harianto, Arifin, Yusran Khery, and Prodi Pendidikan Kimia. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada.” 5(2).
Hendryadi. 2014. “Content Validity ( Validitas Isi ).” TEORIONLINE PERSONAL PAPER (01): 1–5.
Herawati, Nita Sunarya, and Ali Muhtadi. 2018. “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia SMA.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(2): 180–91.
Johnson, Andrew. 1996. “Bruner ’ S Learning Theory.” Academia.
Kemendikbud. 2017. “Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.” : 1–57.
Kharismawati, Limala Ratni Sri et al. 2020. HOTS-Oriented Module: Discovery Learning I.
Perdana, Meylani Astino, Dodiet Enggar Wibowo, and Mochamad Kamil Budiarto. 2021. “Digitalization of Learning Media through Development Using the Flipbook Application.” 54: 263–72.
Plomp, T, and Nienke Nieveen. 2007. “An Introduction to Educational Design Research.” In An Introduction to Educational Design Research,.
Romayanti, Cici, Agus Sundaryono, and Dewi Handayani. 2020. “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker.” Alotrop, Jurnal Pendidika Kimia dan Ilmu Kimia 4(1): 51–58.
Snustad, D Peter, and Michael J Simmons. 2011. “Principles of Principles of Adhesion.” : 767. cibook.net.
Tantaruna, Johanes Erwin, Agung Purwanto, and Muktiningsih. 2019. “Pengembangan E-Modul Elektrokimia Terintegrasi Lingkungan Berbasis Kontekstual Untuk SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif.” Jurnal Riset Pendidikan Kimia 10(1): 18–26.
Tri, Dika, and Muammar Yulian. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia Di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat.” 02(01): 1–6.
Wildayati, and Yerimadesi. 2021. “Validitas Dan Praktikalitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Non Validity and Practicality of E-Module Electrolyte and Non Electrolyte Solutions Based on Guided Discovery Learning For.” 95.
Author Biographies
Mesi Lisda Yenti, FMIPA UNP
Hardeli Hardeli, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
License
Copyright (c) 2022 Mesi Lisda Yenti, Hardeli Hardeli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).